Kegiatan UNIO Keuskupan Atambua Berakhir di Gua Maria St. Maria Mau

Ruang persaudaraan antar para imam diosesan (praja) Keuskupan Atambua, Timor, NTT. (Romo Kris Fallo)

BERTEMPAT di Gua St. Maria Maun, Paroki St. Bernardus Naekake, Keuskupan Atambua, Timor, NTT, Rabu, 24 Agustus 2016, berlangsung misa penutupan kegiatan UNIO (pertemuan persaudaraan) para imam praja Keuskupan Atambua. Perayaan ekaristi dihadiri oleh para imam praja, para diakon dan para frater se-Keuskupan Atambua, serta ribuan umat Paroki Naekake.

Vikjen Keuskupan Atambua, Rm. Theo Asa Siri Pr menjadi selebran utama dalam misa penutupan ini.  “Selama beberapa hari, para imam, diakon dan frater hadir di antara umat sekalian. Saya yakin, mereka sudah menghadirkan wajah Kristus di tengah umat. Kita berada di tengah umat, melihat dari dekat, situasi dan kondisi umat dan inilah umat-umat kita, medan pastoral kita,” katanya dalam homili.

Homili Vikjen Keuskupan Atambua dalam misa penutupan ruang persaudaraan UNIO Keuskupan Atambua. (Romo Kris Fallo)Homili Vikjen Keuskupan Atambua dalam misa penutupan ruang persaudaraan UNIO Keuskupan Atambua. (Romo Kris Fallo)

Kegiatan UNIO atau ruang persaudaraan imam-imam praja Keuskupan Atambua merupakan pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini dilaksanakan di paroki perbatasan Indonesia-Timor Leste, Paroki St. Bernardus Naekake, wilayah Dekenat Kefamenanu, tanggal 22-25 Agustus 2016. Pertemua tahun depan akan dilaksanakan di wilayah Dekenat Mena, Paroki Manufui.

Selama kegiatan UNIO, para imam, diakon dan frater tinggal bersama dengan keluarga-keluarga,  dan berkatekese tentang Pendidikan Iman dalam Keluarga, Keterlibatan Umat dalam Hidupan Menggereja, melayani sakramen pengakuan, melayani misa bersama, serta pelayanan sakramen lainnya. Meski akses jalan yang cukup sulit, namun hal ini tidak mematikan semangat umat dan para imam untuk bertemu dan berbagi ceritera bersama, seta saling menguatkan dalam iman.

unio atambua 1Para imam dan frater diosesan Keuskupan Atambua di forum kegiatan UNIO Keuskupan Atambua. (Romo Kris Fallo) avatar Pastor diosesan (praja) Keuskupan Atambua; sekarang bertugas pastoral di Paroki Katedral St. Maria Immaculata Atambua, Timor, NTT.

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.