Keberanian Untuk Menyuarakan Kebenaran


YOHANES Pembaptis tak gentar menyuarakan kebenaran. Ia menegur Raja Herodes yang telah berbuat salah. Akibatnya, ia harus mendekam di penjara dan pada akhirnya kehilangan nyawanya.


Manusia cenderung mencari zona yang aman dan nyaman bagi dirinya. Sehingga saat berhadapan dengan situasi yang pelik, banyak orang yang lebih memilih untuk diam seribu bahasa daripada menyatakan kebenaran. Mereka takut akan resiko yang harus dihadapi.


Namun sebagai murid Kristus kita dituntut untuk memiliki sikap yang berbeda; kita harus berani melawan arus. Suarakan kebenaran, jangan bersikap masa bodoh. Jangan juga ikut-ikutan memilih hal yang salah, hanya karena semua orang melakukannya. Sadari bahwa kebenaran adalah tetap kebenaran, meskipun disuarakan oleh sedikit orang saja.


Mari senantiasa hidup jujur dan benar di hadapanNya. Mohon kekuatan daripadaNya agar kita tidak gentar untuk memperjuangkan kebenaran dan tetap setia melangkah di jalanNya meski banyak perlawanan dan pertentangan yang harus kita hadapi.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: