Kapitel Pertama Dominikan Awam Chapter Santa Katarina Siena berlangsung penuh rahmat

DA 2

Kapitel Pertama Dominikan Awam Chapter Santa Katarina Siena Jakarta, 16-18 Maret 2018, telah berlangsung dengan penuh rahmat dan disertai  Roh Kudus, serta berhasil memilih Stephanus Suriaputra OP sebagai Presiden Chapter Santa Katarina Siena Jakarta, yang didampingi lima definitor yaitu Lim Darmadi OP, Budiono OP, Ratna Wibowo OP, Winarno Broto OP dan Ida Laksmi OP.

Pernyataan itu disampaikan kepada PEN@ Katolik di akhir kapitel oleh Koordinator Nasional Dominikan Awam di Indonesia Theo A Atmadi OP. Palu persetujuan, lanjutnya, sudah diketok oleh Moderator Dominikan Awam Indonesia Pastor Andreas Kurniawan OP tanggal 18 Maret 2018 tepat pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan Berkat Pengutusan serta nyanyian Salve Regina dan Doa Malaikat Tuhan.

“Maka tetaplah sudah hasil kapitel itu, dan menjadi awal perjalanan kepengurusan Chapter Dominikan Awam Santa Katarina Siena yang beraktivitas dalam lingkup Keuskupan Agung Jakarta,” kata Theo Atmadi.

Kapitel atau General Chapter dalam bahasa Inggris, menurut Theo Atmadi, adalah pertemuan puncak untuk mengevaluasi, menentukan rencana ke depan serta memilih pengurus yang akan memangku jabatan selama tiga tahun. “Tentu saja pertemuan ini amat penting dan menentukan arah dasar kehidupan chapter ke depan,” tegasnya.

Dijelaskan, kapitel itu dimulai hari Jumat pagi, 16 Maret 2018, dengan doa bersama para anggota Dominikan Awam Chapter Santa Katarina Siena Jakarta bersama para suster Dominikan (OP). “Hari pertama kapitel diisi dengan diskusi yang dilakukan oleh lima komisi yang menjadi pilar-pilar Dominikan yaitu Komisi Doa dan Studi, Komisi Pewartaan, Komisi Pembinaan, Komisi Komunitas atau Persaudaraan, dan Komisi Administrasi dan Keuangan.

Setelah mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun kepengurusan yang lalu (2015-2018), setiap komisi mengusulkan tindak lanjut serta program-program yang akan dilaksanakan untuk tiga tahun mendatang.

Karena kapitel ini adalah yang pertama bagi Dominikan Awam, Theo Atmadi mengamati, setiap kelompok diskusi komisi didampingi para suster Dominikan, yang sudah biasa melaksanakan kapitel. “Para suster ikut mengarahkan, mempertajam serta membantu proses diskusi di hari pertama kapitel.”

Para suster juga membantu peserta kapitel untuk menyadari kembali keutamaan-keutamaan Santo Dominikus dan Santa Katarina Siena yang menjadi pelindung Dominikan Awam Jakarta, serta untuk mempertimbangkan situasi-situasi nyata saat ini dan Arah Dasar KAJ. Sesudah itu, setiap komisi masuk dalam evaluasi dan penentuan program-program yang sesuai.

Hasil setiap komisi lalu dipresentasikan pada hari kedua, 17 Maret 2018, yang diawali dengan ibadat pagi. Dalam presentasi itu, berbagai pandangan serta usulan atau koreksi ditampung demi mematangkan usulan program setiap komisi, yang akan menjadi  acuan kepengurusan periode 2018-2021.

“Berkontemplasi atau berdoa sebelum berkarya, mati raga mengalahkan kepentingan pribadi demi kepentingan para saudara seordo, berbelarasa dalam persaudaraan, dan melaksanakan segalanya dengan kasih kepada sesama,” adalah semangat Santa Katarina yang disampaikan oleh Pastor Andreas Kurniawan OP saat meminta peserta menyiapkan batin di sore hari.

Pemilihan presiden dan para definitor yang akan membantu presiden dalam menyelenggarakan chapter diawali dengan Misa saat peserta memohon kehadiran Roh Kudus dalam pemilihan di hari ketiga itu, “agar dengan rahmat Tuhan, perjalanan yang baru dimulai itu menghasilkan buah-buah pelayanan yang bermakna bagi umat KAJ.” (pcp)

DA

DA 1

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.