Jumat, 9 Mei 2014: Perayaan Paska Ekumenis di Semarang

MONSINYUR, para Romo dan kawan-kawan yang terkasih,

Berikut saya sertakan foto-foto yang saya ambil kemarin malam di Gereja Katedral Semarang. Paduan Suara gabungan Katolik dan Kristen dari berbagai denominasi gereja latihan bersama untuk pertama kalinya untuk mempersiapkan diri selebrasi Paskah Ekumene Se-Kota Semarang dalam rangka merajut persaudaraan sejati ekumene.

Baru jumlah para peserta Paduan Suara saja sudah memenuhi Gereja Katedral Semarang. Itu pun, belum semua anggota Paduan Suara dari masing-masing Paroki dan Gereja yang terlibat hadir semua. Mereka terdiri dari kalangan remaja, orang muda, dewasa dan lanjut usia.

Dalam latihan semalam, mereka begitu antusias dan semangat. Bahkan, saat saya melatihkan satu lagu, yang tanpa notasi pun “Benedictus”, cukup mendengar 2 kali langsung bisa menirukan dengan megah dan penuh sukacita bagian refretn “Hosana in excelsis….Qui venit in nomine Domini”

Paduan Suara akan menyanyikan lima lagu utama: Benedictus, Via Dolorosa, Yesus Bangkit, Gereja Bagai Bahtera dan Halleluja Handel dengan iringan Surya Vista Orchestra. Selebrasi akan dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Mei 2014 yang akan datang, mulai pkl 18.00 -21.00 di Holy Stadium JKI Jl. Arteri Semarang (Maria).

Pesan Paskah akan disampaikan oleh Mgr. Johannes Pujasumarta, Uskup Agung Semarang. Tema: “Kemenangan Kristus, Kemenangan Kita!”.

Terbuka untuk umum
Acara ini terbuka untuk umum, tidak dipungut beaya. Quota Holy Stadium JKI bisa menampung 20.000 orang.

Pada kesempatan Natalan Ekumene, 10 Januari 2014 yang lalu, dengan partisipasi minim dari pihak katolik, yang datang sudah 15.000 orang. Paskahan Ekumene kali ini, Gereja Katolik diberi porsi sebagai Panitia dan Penyelenggara Acara di bawah koordinasi sinergis antara Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan KAS, Persekutuan Gereja-Gereja Kristen Semarang, dan Pemkot Semarang.

Semarang Paskah 2

Gladi Resik: Latihan koor bareng dalam acara gladi resik menjelang Perayaan Paskah Ekumenis 2014 se Kodya Semarang, 9 Mei 2014. (Dok. Romo Aloysius Budi Purnomo Pr)

Ditargetkan 235 Gereja-Gereja Kristen dan Paroki-Paroki se-Kota Semarang terlibat dan bila hal itu terpenuhi, maka, selebrasi Ibadat Paskah Ekumene Se-Kota Semarang ini akan masuk dalam rekor Museum MURI.

Mohon dukungan doa dan kehadiran pada hari pelaksanaan. Untuk Para Romo di Kevikepan Semarang, khususnya, Rayon Kota Semarang dan sekitarnya, mohon berkenan mendukung dengan mendorong umat ikut hadir dalam selebrasi ini dalam rangka Fokus Pastoral 2014 Ardas KAS 2011-2014, merajut persaudaraan sejati melalui dialog ekumene dan interreligius.

Photo credit: Romo Aloysius Budi Purnomo Pr (Ketua Komisi HAK Keuskupan Agung Semarang)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.