Jantungnya Bocor, Umur 9 Bulan Berat Angel tak Lebih dari 5 Kg

LAHIR secara normal bulan November 2011 dari pasangan keluarga katolik di Surabaya bernama Ny. Liu Paulietta Maya dan Ridi, namun dalam perkembangan bulan ternyata bayi mungil mereka bernama Angel  mengalami sakit serius. Dokter yang merawatnya di RS Adi Husada di Surabaya, Jawa Timur, telah memvonis bocah berumur 9 bulan ini mengalami penyakit kelainan jantung.

Keluarga pasangan Ny. Liu Paulietta Maya-Ridi tinggal di Jl. Kebalen Kulon Gang 1/04, Kecamatan Pabean Cantian, Kelurahan Krembangan Utara, Surabaya 60165.  Permukiman mereka termasuk Lingkungan Paulus di wilayah administratif gerejani Paroki Santo Mikael Jl. Tanjung Sadari 49, Perak, Surabaya

Kepada Sesawi.Net, keluarga katolik ini hanya bisa sambat (bercurhat), karena adanya penyakit kelainan jantung  Angel (9 bulan) ini merupakan geledek besar yang menyambar ketenangan mereka. Apalagi setelah dilakukan tes kardiografi, hasilnya menyatakan positif: di bilik kanan-kiri (VSD) jantung Angel terdapat lobang.

Menurut penuturan dokter, besaran lobang di bilik kanan-kiri jantung Angel itu masih dalam proses pertumbuhan. “Jadi, belum siap dilakukan tindakan operasi. Namun, lobang di pembuluh darahnya harus segera ditutup dengan tindakan operasi,” kata Maya Liu, adik kandung Ny. Liu Paulietta Maya kepada Sesawi.Net akhir pekan ini.

BB belum sampai 5 kg

Perjalanan waktu berlangsung terus. Mengamati pertumbuhan fisik Angel, orangtuanya tiada hari tanpa bersaput kecemasan. Hingga umur 9 bulan ini, bocah mungil Angel ini belum mampu mencatat rekor berat badannya (BB) hingga 5 kg. Sejak awal September 2012, Angel malah terserang flu dan infeksi tenggorokan hingga mengalami sesak saluran pernafasan dan demam tinggi.

Ketika dibawa ke RS Adi Husada di Surabaya, tiada pilihan lain –sesuai advis dokter—Angel harus segera masuk ICU demi keselamatan jiwanya. “Kondisinya sangat kritis, karena kadar oksigen dalam darah Angel hanya tinggal 45 % saja,” tutur Maya Liu menjawab pertanyaan Sesawi.Net menirukan keterangan kakaknya di Surabaya..

Redaksi Sesawi.Net mengenal secara pribadi Ny. Maya Liu –tante kandung bocah malang ini—yang bekerja sebagai staf humas di sebuah sekolah swasta katolik di BSD City, Serpong, Tangerang.

Menurut penuturannya, setelah 5 hari dirawat di ICU, kondisi Angel menunjukkan perbaikan dan mulai sadar setelah sebelumnya sangat lemah.  Namun kondisi lebih mengkhawatirkan selalu menanti setiap saat, karena bila mengalami demam maka kerja jantung Angel akan menjadi sangat berat dan itu melemahkan jantungnya.

“Sesak nafas terjadi karena kadar oksigen yang tinggal 45 % tidak akan mampu memompa darah pembawa oksigen ke jantung dan ini mengakibatkan sistem tubuh tidak bisa bekerja secara normal,” tutur Maya Liu tentang kondisi keponakannya.

Solusinya adalah tindakan operasi agar lobang di jantung dan pembuluhnya bisa ‘ditambal’.

Kepada Redaksi Sesawi.Net, demi rasa tanggungjawab besar sebagai orangtua yang harus menyelamatkan nyawa anaknya, kedua orangtua bocah malang ini memohon agar bisa dibuka semacam dompet kasih untuk kepentingan pembiayan operasi yang pasti akan makan biaya tidak sedikit.  Sesawi.Net bersedia membantu menyuarakan suara harapan dan keprihatinan ini murni atas alasan kemanusiaan dan juga karena kenal anggota keluarganya.

Informasi lebih jauh mengenai kondisi terakhir Angel bisa diperoleh dari Ny. Maya Liu dengan telepon kantor (021) 7587 3345, 7587 3365 atau faksimili (021) 7587 2967 atau melalui email maya.liusonetta@gmail.com.

Saluran berkat dan tanda kasih Anda untuk intensi mulia membantu keluarga ini menyembuhkan Angel  bisa dikirimkan kepada Redaksi Sesawi.Net  melalui rekening Bank Mandiri KCP Kampus Unika Atma Jaya Jakarta a/n Augustinus Widyaputranto/Royani dengan nomor rekening 102-00-0575721-3.

Mohon ditulis pada subjek pengiriman: Donasi untuk Angel.

Terima kasih atas perhatian dan budi baik para pembaca sekalian.

Photo credit: Angel, bocah penderita penyakit kelainan jantung di RS Adi Husada Surabaya (Dok. Keluarga Liu Surabaya)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.