Janji Baptis

baptis by ist

HARI ini, Gereja merayakan pembaptisan Tuhan. Kita ingin mengingat kembali janji baptis yang sudah kita terima. Kita memohon perlindungan dari santo-santa pelindung kita.

Makna baptis tidak sekedar menjadi orang Katolik, tetapi terwujud juga dalam cara hidup kita. Betapa sedihnya Gereja jika ada banyak orang terbaptis tetapi lupa janji baptisnya.

Sabda Tuhan mengkisahkan Yesus yang dibaptis di sungai Yordan. Setelah Yesus dibaptis terdengar suara “inilah anakKu yang Kukasihi. KepadaNya Aku berkenan”. Kalimat ini pun ditujukan kepada kita sebagai orang beriman. Kita dipilih dan dikasihi Allah. Allah sungguh mengasihi kita tanpa batas.

Konsekwensinya adalah kita sungguh diandalkan. Kata aku berkenan bermakna tugas dan tanggungjawab sebagai orang yang dipilih untuk bersaksi atas nama Tuhan.

Setiap ada orang yang mau dibaptis, saya selalu bertanya, “kamu yakin mau baptis Gereja Katolik?”.

Sebab, baptisan Katolik mempunyai konsekwensi yang tidak mudah, contoh: menjalankan 10 Perintah Allah, menikah 1x seumur hidup, siap disudutkan dan tidak diperhitungkan.

Semoga melalui Hari Raya pembaptisan Tuhan, kita semakin diteguhkan. Roh Kudus yang kita terima menguatkan kita untuk mewujudkan iman Katolik yang benar. Baptisan kita bukan karena romo memberi uang atau susu, sehingga ketika tidak ada romo yang memberi uang atau susu dengan mudah luntur keimanannya. Baptisan kita adalah dorongan untuk menjadi pengikut Tuhan Yesus Sang Penyelamat kita.

Feel free untuk mengingat dan melaksanakan janji baptis Katolik.

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. Apa janji baptis menurut katolik ?
  2. janji baptis gereja Katolik
  3. janji baptis katolik
  4. teks janji baptis gereja katolik
  5. teks janji baptis katolik
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: