Jangan Tertawa Lihat Pastor Naik Kuda Masuk Gereja

LITURGI perayaan Minggu Palma mengenang peristiwa Yesus Kristus secara meriah disambut di gerbang Yerusalem sebelum memasuki peringatan misteri Paskah yang dirayakan seluruh umat Katolik di dunia, bisa menjadi momen unik dan menarik.

Panitia Perayaan Paskah Paroki St Anna Duren Sawit Jakarta Timur mencoba meniru cara beberapa paroki di pedesaan dengan memasukkan elemen ‘kuda’ ke perarakan Ekaristi Minggu Palma. Panitia mendaulat pastor kepala Rm. FX Widyatmaka SJ untuk naik kuda sepanjang jalan dari area Sekolah Katolik Strada menuju halaman gedung gereja.

“Panitia berinisiatif mendatangkan kuda untuk upacara perarakan Minggu Palma. Umat dimohon tidak tertawa ketika melihat pastor naik kuda. Ini bagian dari [penghayatan] iman,” kata Romo Widi, begitu pastor yang akhir bulan ini akan genap berusia 64 tahun, dengan mimik serius.

Kuda dipakai sebagai ganti keledai sebagaimana kisah di injil karena panitia kesulitan untuk menemukan keledai di Jakarta.

Minggu Palma 2Romo FX Widyatmaka SJ naik kuda masuk Gereja St. Anna Duren Sawit, Jakarta Timur. (Lisa Gunawan/Sesawi.Net)

Alhasil, perarakan Minggu Palma pun menjadi lebih semarak dan meriah diikuti oleh arak-arakan umat. Karena menyaksikan peristiwa langka melihat kuda masuk halaman gereja dinaiki pastor bertubuh subur itu, tak ayal, beberapa umat tampak tersenyum-senyum geli. Beberapa umat tak sabar mengabadikan momen langka dengan kamera handphone dan mengunggahnya ke jejaring sosial media.

Aksi Rm Widi naik kuda dalam perayaan Minggu Palma pun mengundang seloroh rekan yunior yesuit Rm. Benny Hari Juliawan SJ yang mengomentari foto yang diunggah di Facebook seorang umat: “Haha…Kasihan kudanya.”

Menurut informasi dari Panitia Perayaan Paskah Gereja St. Anna, peringatan Tri Hari Suci Paskah akan diperingati oleh umat secara berbeda dari acara tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya acara yang unik adalah Tuguran Kamis Putih yang dijadwalkan akan diisi dengan pendarasan Tembang Macapat karangan budayawan Rm Sindhunata SJ, mulai jam 12 tengah malam hingga jam 2 dini hari.

Minggu palma 3Romo FX Widyatmaka SJ, pastor Paroki St. Anna Duren Sawit, Jakarta Timur. (Lisa Gunawan/Sesawi.Net)

Sementara itu, di lereng Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilaporkan perayaan Minggu Palma juga diwarnai dengan perarakan unik. Rm. Aloysius Martoyoto Wiyono Pr menaiki gerobak yang mengangkut hasil bumi seperti jagung, padi gabah, ketela, dan sayuran lain. Melewati jalanan di sekitar Mangunsuko-Babadan yang rusak, iring-iringan umat Paroki Santa Maria Lourdes, Mangunsuko, Kecamatan Dukun, menyanyikan lagu menuju Gubug Selo Merapi Lor Senowo.

Sebagai perayaan awal memasuki pekan suci, Minggu Palma mengingatkan umat akan kedatangan Yesus Kristus sebagai raja yang pada pekan suci akan dikenang misteri penderitaan dan kematian di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia, yang berujung pada kebangkitanNya pada hari ketiga dari alam maut.

Sumber: Sesawi.net

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: