Jadilah Terang dan Garam: Mt 5: 13-16

< ![endif]-->

INJIL hari Minggu tanggal 9 Januari 2014 mengatakan bahwa beriman itu laksana terang dan garam. Keduanya sangat punya peranan dalam hidup manusia. Lampu itu meskipun berkedip-kedip dalam kegelapan, toh ada artinya.

Demikian juga garam itu walaupun sedikit tetapi sudah bisa menyedapkan masakan.

Dengan perumpamaan ini Tuhan Yesus menghendaki agar para pengikutnya, bukan hanya pernah dibaptis saja, tetapi mau berperan di masyarakat, mau mempengaruhi baik orang lain dengan cara mempraktikkan ajaran iman, misalnya melaksanakan cintakasih, melaksanakan hidup persaudaraan, hidup jujur dsb.

Dengan lain kata hidup orang Katolik yang sejati itu supaya punya arti baik bagi orang lain (signifikan) dan dapat menjawab tantangan masyarakat (relevan).

Bagaimana caranya menjadi terang dan garam bagi masyarakat?

Kita diajak untuk  menghayati iman kita dulu dalam hidup sehari-hari. Kita selalu diajak menghayati kehadiran Tuhan dalam hidup ini: punya hubungan rohani dengan Tuhan. Dengan demikian kita akan memiliki iman yang tangguh dan mendalam. Kita akan tetap setia dalam menghadapi tantangan dan kesulitan. Kita akan diberi kemampuan untuk menolak godaan, untuk berjuang dan berkorban. Dan untuk menjadi cahaya bagi orang lain yaitu kalau amal kasih kita keluar dari motivasi yang tulus.

Seorang filsuf yang bernama Nietzche menyindir umat beragama dan mengatakan “God is dead”, artinya “Tuhan sudah mati.” Mengapa? Karena Tuhan yang dianut oleh umat beragama itu hanya berupa tulisan konsep dan ajaran, tetapi orang tidak pernah bertemu dengan Tuhan dan menampakkan Tuhan dalam hidupnya.

Hidup Umat beriman tidak mencerminkan  imannya. Cintanya kepada Tuhan tidak tercermin dalam hidupnya. Maka yang dibutuhkan oleh orang banyak adalah kesaksian iman dan pengalaman kehadiran Tuhan dalam hidup sehari-hari. Kesaksian iman dan pengalaman akan kehadiran Tuhan itulah terang dan garam dunia.

Salam kasih Tuhan.

Photo credit: Menjadi garam dan terang dunia (Courtesy of www.jalankecil.com)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.