In Memoriam Sr.M.Antonia, SPM

makam

8 Oktober 1954 – 25 Mei 21015

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Inilah perintahKu, kasihilah seorang akan yang lain,” ( Yoh 15 : 16-17)

Sr.M. Antonia Yhantuni, SPM
Sr.M. Antonia Yhantuni, SPM

Sr.M. Antonia Yhantuni, SPM lahir di Wonotawang, Yogyakarta; pada tgl : 8 Oktober 1954.

Ia sebagai puteri ke 4 dari tujuh bersaudara, dari pasangan Bp.W.G Mangundikarto dan ibu Susana Djuminem.Ia masuk biara Kongregasi SPM – Probolinggo, 24 Januari 1972. Profesi pertama di Probolinggo, 11 Desember 1074. Serah setia kekal di Probolinggo, 3 November 1980.   Dan dipanggil Tuhan untuk selamanya pada tgl: 25 Mei 2015,di Surabaya.

Sr. M. Antonia,SPM adalah pribadi yang sederhana, sabar, dan setia. Sebagian besar hidupnya dibaktikan untuk karya pendidikan, anak berusia Sekolah Dasar di berbagai kota; Lanosep-Malang, Probolinggo, Bondowoso , Kotabaru-Kalimantan Selatan.Magelang, Banyuwangi, Situbondo, dan terakhir di Komunitas Surabaya I. Dalam peziarahannya di Kongregasi SPM selama 41 tahun, membangun hidup persekutuan di kota-kota tersebut di atas. Dengan tulus-ikhlas, ia mempersembahkan hidupnya untuk komunitas, dan karya perutusanNya. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, Sr. Antonia bergulat untuk menerima kenyataan bahwa menurut siagnose dokter pada rahimnya terdapat kanker satadium 3+. Hal ini menimbulkan shock berat. Satu keyakinan yang diimaninya bahwa pada saat yang tepat, Yesus memberikan yang terbaik bagi hidupnya. Dan segala sesuatu indah pda waktunya. Inilah yang ia imani sebagai kekuatan, yang memampukan ia untuk selalu bersyukur dan setia sampai akhir, karena,” Allah yang lebih dahulu memanggil, memilih, dan mencintainya dengan kasih yang tak terbatas.’”

Pada perayaan 40 tahun Profesi hidup membiara , ia ttip pesan untuk generasi muda: sebagai berikut.” Dengan mengandalkan kekuatan Allah, kita akan dimampukan untuk menghadapi pergulatan dan tantangan apa pun! Dan tetap setia menapaki panggilan membiara sampai akhir hayat. Percayalah, segala sesuatu indah pada waktunya!”

Sr.M. Lina,SPM

disunting dari tulisan Sr.M. Fransita,SPM

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.