In Memoriam Mgr. Valentinus Kartasiswoyo Pr (1)

SEKIAN lamanya tinggal di Wisma Santo Petrus, Seminari Tinggi Santo Paulus Jogjakarta, alm. Mgr. Valentinus Kartasiswoyo Pr menanggung sakit yang berkepanjangan

Kemudian beliau diopname di RS Panti Rapih Yogyakarta sejak 3 Juni 2014 dan tinggal di Ruang Lukas.

Lalu, beliau minta diberikan Sakramen Minyak Suci. Dalam prosesi ini, beliau ditemani oleh Bu Woro (Bu Darmanto) dan banyak pihak. Pemberian sakramen minyak suci dilakukan oleh Romo Josafat Dani Puspantoro Pr yang antara lain sekian lamanya ikut melayani beliau di Wisma Petrus.

Sesudahnya, saya masih sempat mendengar dengan sangat lirih beliau mengucapkan terima kasih kepada Romo. Y. Dhani Puspantoro Pr dan kepada semua yang hadir.

Pamitan dan permohonan maaf

Senin, 16 Juni 2014 pukul 09.42, Romo J. Dhani Puspantoro Pr mengirim email melalui milis UNIO KAS dengan isi sebagai berikut:Mgr. V. Kartasiswoyo Pr by Hidup

“Mgr. Puja dan para romo yang terkasih, belum lama ini saya diminta Mgr. Karta untuk menyampaikan suatu pesan kepada Mgr. Puja dan para romo semuanya. Pesan itu berupa permohonan maaf Mgr. Karta kepada Mgr. Puja dan para romo semuanya. Demikian saya sampaikan apa yang menjadi pesan beliau. Mohon disisipkan satu kali doa Salam Maria bagi Mgr. Kartoa yang masih dirawat di RS Panti Rapih Yogyakarta. Berkah Dalem. Wisma Petrus – Romo. Dhani”

Email Romo J. Dhani ini antara lain ditanggapi oleh beberapa imam demikian:

  • Romo Yohanes Dwi Harsanto: “Romo Dhani, terkait permintaan maaf Mgr. Kartasiswaya pada kita semua, sampaikan salam kami buat Mgr. Kartasiswaya. Saya sendiri sebagai penghuni pastoran Unindo Kramat dan kerja di KWI saat ini, jelaslah saya hanyaa napak tilas jasa-jasa Mgr. dan selalu ingat Mgr. Kartasiswaya. Dan pesan-pesannya tetap di hati. Secara pribadi saya sungguh tidak pernah merasakan bahwa Mgr. ada salah pada saya. Selama bergaul dengan beliau, saya sebagai murid hanya mendapat teladan baik. Maka saya tak bisa memaafkan orang yg tidak punya salah pada saya. Saya malah yang mohon maaf pada beliau karena kenakalan saya merepotkan beliau. Mgr. Karta, kula sembahyangaken lan ugi kula nyuwun sembahyangan. Berkah Dalem. Maturnuwun Romo Dhani.Salam saking Jakarta. YDHpr”
  • Romo John Gunawan: “Baik, Romo Dhani. Titip salam untuk Mgr. Kartoa njih… Setiap saat selalu saya bawa dalam doa-doa saya… Semoga lekas sembuh dan membaik…Berkah Dalem, -gunawan-“.
Mgr. Karta di RS Panti Rapih

Saat masih dirawat di RS Panti Rapih Yogyakarta: Saat-saat menjelang menerima Sakramen Perminyakan Terakhir dari Romo J. Dhani Pr. (Dok. Romo Willem Pau Pr)

  • Romo Bambang Soetrisno: “Rama Dani, Kula sembahyang kangge Mgr Karto Romo. D. Bambang Soetrisno, Pr Domus Pacis, Puren, Yogyakarta.
  • Romo. Alip: “Romo Dani,  Kompas Katedral ndherek sembahyang kagem Mgr Karta. Salam dan doa. Berkah Dalem. Kompas katedral . Gutta cavat lapidem non vi sed semper cadendo”.
  • Romo Tri Hartono Pr: “Romo Dhani, saya sebagai orang yang pernah jadi muridnya dan kemudian bersama-sama jadi pengurus Unio baik Indonesia mau pun KAS tentu banyak berhutang budi kepada beliau. Maka tolong bisikanlah kepada beliau permohonan maaf saya (Romo Tri Hartono). Beliau tidak pernah bersalah kepada saya, tapi seandainya ada sesuatu yang tidak pas, tentu dengan rela hati saya maafkan. Saya sering mau sowan, tetapi kesehatan saya tidak memungkinkan. Mohonkan maaf pada beliau karena tidak pernah sowan.Akan kepersembahkan doa 3x Salam Maria untuk beliau. BD. matur nuwun. (Nyuwun pangapunten menawi wonten ingkang keliwatan boten kula serat)”.
Mgr. Kartasiswoyo Pr saat terbaring sakit di RS Panti Rapih Yogyakarta (Dok. Romo Willem Pau Pr)

Saat-saati akhir: Mgr. Valentinus Kartasiswoyo Pr saat terbaring sakit menjelang hari-hari terahirnya di RS Panti Rapih Yogyakarta. (Dok. Romo Willem Pau Pr)

 Tautan: 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.