Harga Mengikuti Yesus: Totalitas dan Rela Berkorban

mengikuti yesus by Crosswalk

Senin, 30 Juni 2014
Hari Biasa Pekan XIII
Amos 2:6-10.13-16; Mzm 50:16bc-17-23; Mat 8:18-22

“Yesus berkata kepadanya: Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” (Matius 8:20)

SABDA ini disampaikan oleh Yesus kepada seorang ahli Taurat yang mau mengikuti-Nya. Orang itu bilang, “Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.” (Matius 8:19). Terhadap niat itu, Yesus menegaskan tugas perutusan dan pelayanan yang dilaksanakan secara merdeka tanpa dibelenggu oleh rasa aman dan nyaman.

Kita tahu, para ahli Taurat termasuk orang yang hidup dalam kenyamanan hukum-hukum agama Yahudi. Terhadap orang yang demikian, Yesus membuka rahasia pelayanan-Nya. Pelayanan-Nya tak dibatasi oleh kemapanan dan rasa aman. Kecuali itu, pelayanan-Nya juga tak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sikap total (totalitas) diperlukan orang yang mau mengikuti Yesus Kristus. Tidak setengah-setengah tapi total!

Komitmen pelayanan Yesus dapat dibilang “all out”, hingga untuk sekadar istirahat pun tidak sempat. Ibaratnya, serigala mempunyai liang. Burung punya sarang. Namun Anak Manusia tidak punya tempat untuk meletakkan kepala-Nya.

Siapa pun yang mau mengikuti Yesus, juga dipanggil untuk meninggalkan rasa aman dan nyaman untuk kepentingan diri sendiri dan memberikan pelayanan kepada sesama. Menanggalkan egoisme dan memperhatikan kepentingan sesama adalah bagian dari upaya kita untuk mengikuti Yesus! Itulah harga kemuridan, kalau kita mau sungguh-sungguh ikut Yesus.

Adorasi Ekaristi Abadi merupakan salah satu cara kita menanggalkan dari rasa aman dan nyaman memikirkan diri sendiri dan menanggalkan egoisme. Rela mempersembahkan waktu, hati dan hidup dalam sembah sujud di hadirat Tuhan Yesus melalui doa-doa kita adalah ungkapan sekaligus perwujudan iman untuk mengikuti Yesus. Sebagaimana Yesus rela berkorban, demikian pula bila kita mau mengikuti Yesus, kita pun harus rela berkorban.

Tuhan Yesus Kristus, sebagaimana Engkau telah berkorban untuk kami ajarilah kami untuk rela berkorban bagi sesama dan semesta, baik dalam doa maupun karya, kini dan selamanya. Amin.

Photo credit: Mengikuti Yesus (Ilustrasi/Crosswalk)

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. khotbah kristen:rela berkorban
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: