Find Out and Count your Blessings (2)

(sambungan)

Jadi berkat yang melimpah bukan hanya secara sempit bicara soal materi, tetapi berkat-berkat non materi juga sangatlah tergantung didalamnya. Selain kekayaan secara materi, Tuhan juga memberkati kita dengan kekayaan non materi yang melimpah. Hikmat, kepandaian, kecerdasan, kemampuan, talenta-talenta, ilmu pengetahuan dan sebagainya juga merupakan modal yang sangat besar nilainya yang juga berasal dari Tuhan. Bukan seperti pikiran kita yang ingin sesuatu yang instan, Tuhan lebih menyukai proses dimana modal dasarnya sudah Dia sediakan sejak semula bagi kita. Seperti yang sudah beberapa kali saya katakan, Tuhan lebih suka memberi pancing dan sungai/laut dengan ikan yang melimpah ketimbang langsung memberi ikan goreng kepada kita.

Jika demikian sangatlah penting bagi kita untuk memeriksa terlebih dahulu apa yang ada pada kita saat ini. Ada kecenderungan kita untuk mengabaikan pentingnya memeriksa apa yang ada pada kita sebelum terlalu cepat mengeluh, dan ini pula yang terjadi dalam kisah Yesus menggandakan 5 roti dan 2 ikan. Saat itu ketika para murid bingung harus bagaimana memberi makan ribuan orang, Yesus merespon mereka dengan  “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” (Markus 6:38) Dari sanalah kemudian diketahui bahwa ada anak yang punya lima roti dan dua ikan, dan itulah yang dipergunakan Yesus untuk memenuhi kebutuhan ribuan orang saat itu. Bukankah Yesus bisa langsung menurunkan hujan roti siap makan sesuai kebutuhan? Tentu saja. Tapi lihatlah bahwa Tuhan ingin kita memeriksa terlebih dahulu berkat-berkat apa yang sebenarnya sudah ia berikan kepada kita, talenta, keahlian, kepandaian, kecakapan dan kemampuan apa yang kita miliki. Kita harus memeriksa kemudian mengasah dan mempergunakan itu semua untuk bekerja. Itulah yang akan dipakai Tuhan untuk memberkati kita.

Adakah diantara anda saat ini yang tengah menanti jawaban Tuhan akan sesuatu dan mulai ragu karena sepertinya Tuhan tidak kunjung menjawab anda? Apakah anda merasa bahwa tak peduli sebanyak apa anda berdoa, tapi semuanya masih tetap sama saja? Jika itu yang tengah anda alami, coba pastikan terlebih dahulu apakah anda sudah memeriksa apa yang ada pada anda atau belum. Apakah anda sudah mengetahui berkat-berkat non materi apa saja yang sudah Tuhan karuniakan kepada anda, selanjutnya apakah anda sudah memaksimalkan itu semua dan apa yang bisa anda lakukan dengan berkat-berkat itu. Ketika anda melakukan sesuai langkah, maka anda akan melihat bahwa tidak ada satupun yang mustahil buat anda. Berkat jangan sampai dipandang hanya secara sempit, karena itu akan membuat kita lupa bersyukur terhadap apa yang sudah kita punya saat ini.Have you count your blessings and be grateful?

Berkat bukan hanya bicara soal kekayaan materi tetapi juga mengenai kekayaan non materi yang seringkali justru lebih penting

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.