Expo Milano 2015: Indonesia Absen

Expo2015Milan

HATI saya sangat sedih, saat  membuka situs Expo Milano 2015 (www.expo2015.org) yang akan berlangsung akbar di kota bisnis mendunia di  Milan, Italia, dan tidak menemukan nama ‘Indonesia’ sebagai salah satu pesertanya.

Bagaimana mungkin Indonesia, tanahair tercinta, melepaskan begitu saja kesempatan emas untuk mempromosikan dirinya di mata dunia dan menjalin kerjasama-kerjasama baru yang menguntungkan melalui expo akbar ini?
Apakah Indonesia hendak menarik dirinya dari persaingan dunia internasional?
Sebaliknya, saya menemukan beberapa negara tetangga kita seperti Kamboja, Malaysia, Srilanka, Thailand dan Vietnam. Malaysia dan Thailand tidak pernah lelah untuk menjadi peserta dalam aneka expo internasional.
Bahkan negara seperti Republik Iran pun akan hadir dalam Expo ini.
Saya bertanya dalam hati,  apakah pihak-pihak terkait seperti Kemlu, Kementerian Perdagangan, dan lain-lain telah cukup memberikan Informasi seluas-luasnya kepada para pejabat dan gabungan para pengusaha di tanah air perihal Expo Milano 2015?
Bangsa mana yang tak mau mempromosikan produk-produknya  dan menampilkan hasil kerja rakyatnya?
Contohnya, saya mengetahui bahwa akhirnya batik telah diakui secara internasional sebagai kerajinan milik Indonesia, tetapi jika berhenti sampai di sini saja, itu tidak cukup baik untuk mengembangkan hasil karya pengrajin dan menarik mata dunia terhadap kekayaan Indonesia ini.
Feeding the planet
Tema utama dari Expo Milano 2015 ini adalah: “Feeding the Planet, Energy for Life”. Banyak negara partisipasi akan menampilkan produk lahan mereka seperti: kopi, rempah-rempah, padi, sereal, buah-buahan, dll.
Nah, saya membayangkan Indonesia menampilkan produk hasil perkebunan Teh kita, atau, hasil pertanian dan maritim kita yang dituangkan dalam keragaman jenis kuliner khas “negeri beribu pulau” kebanggaan kita bersama. Kenyataannya, tahun depan saya hanya akan menyaksikan dan menikmati hasil karya dari negara-negara lain.
Suatu hal yang amat menyedihkan.
Ya, sayang sekali kesempatan bisnis berharga ini telah dilepas oleh Indonesia. Semoga di Expo berikutnya tahun 2017 di Astana-Kazakhstan, Indonesia dapat hadir dan bisa saja memajukan dirinya sebagai Penyelenggara Expo di masa depan, sehingga dengan demikian namanya semakin dikenal dan harum di mata dunia internasional.
Kredit foto: Ilustrasi (Ist)
Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.