Doa Bapa Kami

BANYAK orang yang beranggapan bahwa terkabulnya doa ditentukan oleh panjangnya kalimat dan indahnya kata-kata yang teruntai. Namun Yesus menegaskan agar kita tidak bertele-tele di dalam berdoa. Doa Bapa Kami yang diajarkanNya, merupakan sebuah doa yang singkat dan padat namun sempurna.

Dalam doa ini, kita menyapa Bapa Surgawi dengan sebutan Bapa; mengundang kita untuk berdialog dan berelasi selayaknya antara anak dengan bapa. Dan sebagai anak-anak Allah, tentunya kita harus selalu mengutamakan Dia, menjalani hidup sesuai ajaranNya dan seturut kehendakNya.

Allah Bapa maha pengasih dan pemurah, Ia mengetahui seluruh kebutuhan kita dan Ia pasti mencukupkannya. Kita harus percaya dan mengandalkan Dia di sepanjang hidup kita.

Jadilah saudara bagi sesama kita; saling mengasihi dan mengampuni agar tercipta hidup rukun dan damai. Dan mohon rahmat kekuatan daripadaNya agar kita dijauhkan dari segala hal yang jahat dan tidak berkenan bagiNya.

Mari hayati doa yang indah ini dengan sepenuh hati agar kita bertumbuh di dalam iman, kasih dan pengharapan kepadaNya.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.