Dia Terus Menangis Sampai Aku Mendekapnya

menangis 1

DIA menangis saat aku sedang membagi sepatu sumbangan dari donatur buat semua anak-anak panti. Kupikir karena dia khawatir tidak kebagian karena ternyata sepatu yang dibagikan tak sebanding dengan jumlah anak karena saat diadakan pendataan, ada 5 anak yang belum masuk dan terdaftar di panti itu yang ikut juga mencoba sepatunya.

Aku dekati dia mencoba meyakinkan bahwa dia mendapatkan sepatu baru karena sudah terdaftar dan diukur. Tetapi dia terus saja menangis meski sepatu itu sudah kupakaikan padanya. Dia terus menangis meski aku terus membujuk dan merayunya.

Setelah sekian lama aku membujuknya, Bruder pimpinan panti itu mendekatiku dan mengatakan bahwa anak itu menginginkan sepatu yang dengan ukuran lebih besar. Ooooh…. Itu bukan masalah. Aku yakinkan padanya kalau aku akan menukarnya dengan ukuran yang lebih besar. Tetapi dia terus saja menangis. Keringatku mulai bercucuran. Aku kehabisan akal.

Penulis dan si kecil/ dokpri Anis Dewanti

Penulis dan si kecil Yayan (Dokpri)

Namun aku tidak tega meninggalkannya. Aku nyaris putus asa. Aku harus mengurus puluhan anak yang lainnya untuk memastikan apakah ukurannya cocok dan berusaha menghibur 5 anak yang belum mendapatkan bagian agar mau bersabar. Aku harus meninggalkannya, tetapi aku sungguh tidak tega. Dia menatapku seolah tak ingin ditinggalkan.

Dengan rasa putus asa aku raih badannya dan kudekap dia dalam pelukanku. Dalam dekapanku anak itu berhenti menangis. Dan bahkan tersenyum saat kulepaskan dekapanku.

“Nanti ibu ganti dengan sepatu yang besar ya..” kataku padanya. Tetapi dia menggelengkan kepala.

Sambil tersenyum!! Ya Tuhan…. Kenapa aku begitu bodoh… Yang diinginkannya hanya dekapan seorang ibu yang tak dimilikinya.

“Anakku… Ibu akan mendekapmu lagi nanti ya….” Kataku pada si kecil Yayan yang masih kelas satu Sekolah Dasar ini. Toooooos……!!!

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: