Daya Tahan Teguh Sampai Akhir

Minggu, 13 November 2016

Minggu Biasa XXXIII: Mal 4:1-2a; Mzm 98:5-6.7-8.9a; 2Tes 3:7-12; Luk 21:5-19

Yesus bersabda, “…. karena nama-Ku kamu akan dibenci semua orang tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.”

Injil hari ini menyampaikan kepada kita tentang Yesus Kristus yang menubuatkan banyak tanda yang akan menggoncang manusia dan bangsa-bangsa. Allah bekerja melalui banyak peristiwa dan tanda untuk memurnikan dan membarui kita dalam pengharapan dan kerahiman-Nya. Kerahiman-Nya membantu kita membentuk hati kita tetap teguh mengandalkan Dia.

Yesus Kristus mengingatkan kita agar kita mengenali tanda-tanda pnghakiman Allah, kerahiman-Nya dan rahmat-Nya yang menyelamatkan kita. Yesus Kristus juga mengingatkan kita bahwa akan ada tantangan, penderitaan dan penganiayaan pada masa ini hingga Ia datang pada akhir zaman. Namun Ia meneguhkan kita untuk tidak perlu takut pada mereka yang akan melawan atau mengancam kita dengan kasar karena kita mengikuti Dia. Bahkan Ia berjanji akan memberi kita kekuatan supernatural, kebijaksanaan dan keberanian bila kita bertahan pada iman kita dan bersaksi atas kebenaran, kasih dan kerahiman-Nya.

Kita hanya perlu teguh bertahan sampai akhir. Keteguhan sampai akhir tak pernah membuat kita menyerah berpengharapan dalam kasih dan kerahiman-Nya. Daya tahan teguh itu merupakan kekuatan mendasar yang Allah berikan kepada kita yang mengandalkan Dia. Daya tahan teguh itu merupakan keeabaran yang membuat kita tak pernah menyerah berpengharapan, tak pernah kendor dalam keputusasaan atau kebencian.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi sementara kita bersembah sujud di hadirat Yesus Kristus kita belajar untuk bertahan sampai akhir dalam kasih dan kerahiman-Nya. Di sana Ia akan memampukan kita bertahan kuat menanggung macam-macam cobaan.

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah contoh utama dan pelopor yang telah bertahan memanggul salib demi keselamatan kami. Dalam Dikau Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kami bahkan selagi kami masih berdosa Engkau wafat bagi kami. Anugerahilah kami daya tahan teguh yang tak pernah menyerah berharap dalam kasih dan kerahiman-Mu selama-lamanya. Amin.

Ketua Komisi HAK KAS, pastor rekan di Paroki Ungaran; pernah menjabat Rektor Seminari Tinggi Sinaksak Pematang Siantar.

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.