Dalam arti apa Maria selalu perawan?

Virgin Mary


KATEKISMUS GEREJA KATOLIK


98. Apa arti Yesus dikandung oleh seorang perawan?


Yesus dikandung oleh seorang perawan berarti bahwa Yesus dikandung dalam rahim Perawan melulu karena kuasa Roh Kudus tanpa campur tangan seorang lelaki. Dia adalah Putra Bapa surgawi menurut kodrat ilahi-Nya dan Putra Maria menurut kodrat manusiawi-Nya. Tetapi, Dia adalah Putra Allah dalam kedua kodrat itu karena dalam Dia hanya terdapat satu Pribadi, yaitu Pribadi yang ilahi.


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 496-498, 503


99. Dalam arti apa Maria selalu perawan?


Maria selalu perawan dalam arti ”tetap seorang perawan dalam mengandung Putranya, tetap seorang perawan ketika melahirkan Yesus, tetap seorang perawan ketika merawat-Nya, tetap seorang perawan selama menyusui-Nya, selalu tetap seorang perawan” (Santo Agustinus). Karena itu, waktu Injil mengatakan ”Saudara-saudari Yesus”, itu dimaksudkan sebagai keluarga-keluarga dekat Yesus, sesuai dengan cara bicara Kitab Suci.


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 499-507, 510-511


100. Dalam arti apa keibuan spiritual Maria itu universal?


Maria hanya mempunyai satu Putra, Yesus, tetapi di dalam Dia keibuan spiritualnya melingkupi semua yang diselamatkan-Nya. Dengan taatnya berdiri di sisi Adam yang baru, sang Perawan Maria adalah Hawa yang baru, bunda sejati dari semua yang hidup, yang dengan cinta seorang ibu bekerja sama dalam kelahiran dan perkembangan mereka dalam suasana rahmat Perawan dan Bunda, Maria merupakan figur Gereja, realisasinya yang paling sempurna.


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 501-507, 511

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.