Cinta-Ku pada-Mu Menghanguskanku

mencintai tuhan by gfc

Minggu, 9 November 2014. Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran
Yeh. 47:1-2,8-9,12; Mzm. 46:2-3,5-6,8-9; 1Kor. 3:9b-11,16-17; Yoh. 2:13-22

“Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku.”

Injil hari ini mewartakan tindakan dramatis yang dilakukan Yesus di Bait Allah. Itulah tindakan profetik-Nya tanda kehadiran Allah.

Sebagaimana kita ketahui dengan baik, Bait Allah adalah tempat Allah tinggal di antara kita. Dalam Perjanjian Lama kita baca Allah memberikan kepada Musa satu perintah untuk menyembah Allah dan membuat kemah tabernakel tempat umat menyembah Allah. Itulah yang di kemudian hari diganti dengan Bait Allah. Dalam Perjanjian Baru kita baca bahwa Bait Allah adalah cermin kekudusan Allah. Bait Allah juga merupakan tanda kehadiran Bait Surgawi.

Yesus membersihkan Bait Allah merupakan tindakan profetik. Tindakan itu tertuju pula kepada kita. Itu adalah simbol bagamana Yesus membersihkan kita sebagai Bait Kudus Allah. Kita sebagai Bait Kudus-Nya dibersihkan dari segala kelemahan dan dosa kita sehingga kita kian menghayati hidup kita sebagai Bait Roh Kudus-Nya. St. Paulus mengingatka kita bahwa kita ini adalah Bait Allah (1 Korintus 6:19).

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita berdoa sebagaimana diungkapkan dalam Kitab Mazmur 69, “Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku.” Adorasi membakar hati kita. Dengannya, Yesus membersihkan kita. Seperti halnya Yesus, cinta kita akan Bait-Nya yang kudus melalui Adorasi Abadi pun menghanguskan kita.

Tuhan Yesus Kristus sinarilah budi kami dan bersihkan hati kami hingga kami mempersembahkan yang terbaik bagi-Mu. Semoga kami bersukacita atas kehadiran-Mu. Kobarkanlah hati kami dengan api cinta kasih-Mu. Bantulah kami untuk kian dekat dengan Dikau, dan kian peka pada kebutuhan sesama, kiini dan selamanya. Amin.

Wisma Elika Bandungan

·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Sent from my heart of abudhenkpr
Majalah INSPIRASl Lentera yang Membebaskan
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.