Cara-cara yang Kreatif untuk Perdamaian

< ![endif]-->

BERBAGAI usaha dilakukan untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Suatu dunia yang damai yang didambakan oleh semua orang mesti menjadi andalan bagi manusia.

Clint Eastwood, sutradara dan aktor tua ini, membidani sebuah film berjudul Invictus. Film ini berdasarkan kisah nyata almarhum Nelson Mandela, pejuang anti apartheid Afrika Selatan.

Nelson Mandela berusaha menciptakan suatu dunia yang damai. Soalnya adalah ia menghadapi diskriminasi dari kaum kulit putih di negerinya. Usaha untuk menyatukan kedua belah pihak, yaitu kaum kulit putih dan kaum kulit hitam sering terganjal. Karena itu, Nelson Mandela yang kreatif itu mencoba menggunakan olahraga rugby. Olahraga ini sangat populer di Afrika Selatan.

Nelson Mandela membangun sebuah relasi yang khusus dengan Francois Piennar, kapten tim rugby yang berkulit putih. Usaha ini cukup berhasil. Persahabatan keduanya menumbuhkan usaha-usaha untuk menyatukan kedua ras yang berbeda warna kulit itu. Kita tahu, Nelson Mandela kemudian berhasil membebaskan bangsa Afrika Selatan dari sistem apartheid.

Tentang cara pendekatan ini, Clint Eastwood berkata, “Pendekatan politik yang dipilih Mandela sungguh menarik. Ia memakai olahraga untuk menyampaikan misi rekonsiliasi (antarwarga berbeda warna kulit) di negerinya. Mandela itu salah seorang sosok populer dan kreatif di dunia ini.”invictus-01b-1

Sahabat, ketulusan hati almarhum Nelson Mandela untuk membangun jembatan perdamaian itu sungguh-sungguh membuahkan hasil. Rekonsiliasi yang dulu hanya dalam impian banyak warga kulit hitam Afrika Selatan itu kemudian menjadi kenyataan. Cita-cita untuk mempersatukan pandangan dan sikap yang sangat berbeda itu terwujud. Sistem apartheid runtuh. Yang muncul adalah suatu situasi hidup yang saling berdampingan. Mereka saling berbagi hidup. Mereka dapat bekerja sama untuk membangun suatu kehidupan yang lebih baik.

Kisah di atas mau mengatakan bahwa ada banyak cara untuk menciptakan damai dalam kehidupan bersama. Yang penting adalah orang mau membuka hatinya untuk berdialog dengan sesamanya. Yang penting adalah orang tidak merendahkan martabat manusia. Nilai-nilai kemanusiaan mesti dijunjung tinggi, agar dalam kehidupan ini tidak ada sesama yang diinjak hak-haknya.

Orang beriman adalah orang yang senantiasa memiliki kreatifitas dalam usaha untuk membangun perdamaian. Ketika terjadi perselisihan, orang beriman mesti segera berusaha mendamaikannya. Ketika terjadi kebekuan dalam kehidupan bersama, orang mesti berusaha untuk mencairkan situasi.

Dengan demikian, suasana yang damai senantiasa tercipta dalam hidup ini. Mari kita mencari cara-cara yang kreatif untuk membangun suatu dunia yang damai. Tuhan memberkati.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.