Breaking News: Pesawat Air Algerie Berpenumpang 116 Orang Hilang di Langit Gurun Sahara

A330

KECELAKAAN pesawat terbang kali ini terjadi lagi di kawasan Benua Afrika. Pesawat komersial Air Algerie dinyatakan hilang dalam rute penerbangan di atas langit Gunung Sahara dalam perjalanan dari Burkina Faso menuju Algeria.

Kontak dengan pesawat dinyatakan hilang, tak lama setelah Air Algerie meninggalkan Bandara Ouagadougou di Burkino Faso sekitar 50 menit setelah lepas landas.

Pesawat nahas dengan kode penerbangan AH-5017 milik maskapai nasional Aljazair ini hingga kini belum diketahui keberadaannya. Total jumlah penumpangnya tercatat sebanyak 110, belum termasuk 6 awak pesawat dalam penerbangan ini.

Menurut laporan BBC hari Kamis (24/7) malam, pilot pesawat AH-5017 resmi minta izin ganti haluan penerbangan karena terjadi bencana badai. “Pilot juga telah mengindasikan telah terjadi situasi darurat dan peringatan itu sudah dirilis sebelum akhirnya pesawat nahas itu dinyatakan hilang kontak dengan menara pengawas,” ungkap petugas Air Algerie sebagaimana dirllis oleh Kantor Berita APS dalam bahasa Perancis.

rute penerbangan air algerie

Rute penerbangan Air Algerie: Inilah rute penerbangan Air Algerie dari Burkina Faso menuju Algeria dan dinyatakan hilang di atas langit Gunung Sahara tak jauh dari garis perbatasan antara Mali dan Algeria. (Ilustrasi/BBC)

Menurut PM Algeria Abdelmalek Sellal, pesawat nahas itu diketahui kehilangan kontak di kawasan Gao (Mali), sekitar 500 km dari perbatasan Mali-Aljazair. Cuaca buruk menjadi penyebab hilangnya pesawat ini.

Kredit foto: Air Algerie (Ilustrasi/Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.