Berbagi Berantai

berbagi berantai-1

SUASANA Minggu pagi di Danau Kampus C, Universitas Airlangga sangat ramai. Kendaraan pun hilir mudik di sepanjang area kampus. Lahan parkir pun dipadati kendaraan bermotor. Orang-orang terlihat mengitari daerah di pinggir danau. Ada yang hanya duduk santai di pinggir danau, ada yang melakukan jogging pagi, bersepeda, bermain bola, berjalan–jalan, berfoto bersama, bahkan ada yang juga berjualan. Pemandangan itu menjadi lebih ramai ditambah sekawanan angsa yang mengitari danau.

Di antara kerumunan tersebut ada tiga orang mahasiswi, menggunakan kaos putih sambil memegang beberapa botol air mineral dan berjalan menyusuri pinggir danau. Mereka datang bukan tanpa tujuan. Mereka bukan ingin berolahraga atau berjualan tetapi datang untuk tujuan mereka sendiri. “Hari ini, kami bertiga akan melakukan misi “berbagi berantai”.

“Kami ingin mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan melalui hal-hal sederhana” ucap Aprillia Hardiyani Tanto, mahasiswi Fakultas Farmasi angkatan 2013 Universitas Airlangga bersama kedua rekannya Valentina Galih ,mahasiswi Fakultas Perikanan dan Kelautan angkatan 2013 serta Maxima Bokilia, mahasiswi Fakultas Farmasi angkatan 2012.

Dengan wajah ceria mereka mendatangi beberapa pengemudi sepeda yang sedang beristirahat. “Selamat pagi mbak, saya ingin mengajak mbak untuk ikut berbagi bersama kami. Saya akan memberikan tiga botol air mineral kepada mbak dan mbak bisa membagikan dua botol air mineral itu kepada orang kedua dan orang kedua tersebut dapat meneruskan lagi kepada orang lain,” ujar Maxima kepada salah satu pengemudi sepeda.

Tanpa pikir panjang, ajakan mereka disambut gembira oleh para pengemudi sepeda dan misi pertama mereka pun berjalan lancar.

berbagi berantai-3Mereka terus berjalan mengitari danau untuk mengajak komunitas lain yang mau membantu mereka. Namun ternyata misi itu tidak berjalan dengan mudah. Mereka mengalami penolakan di komunitas berikutnya. Walaupun mengalami penolakan, tidak mengurangi semangat mereka untuk terus berbagi.

Target mereka berikutnya adalah komunitas anak laki-laki usia SD hingga SMP. Walaupun dengan sikap malu-malu dan aksi saling dorong mendorong di antara mereka, mereka bersedia untuk membantu. Mereka terus melanjutkan misi mereka. Ada juga hal lucu yang terjadi di sela-sela misi mereka. Ada ibu-ibu yang kehausan dan menghampiri mereka untuk membeli air mineral namun akhirnya ibu itu tampak bahagia karena mereka bisa mendapatkan minuman secara gratis.

berbagi berantai-2Hal yang dilakukan oleh ketiga mahasiswa ini bukanlah hal yang luar biasa. Mereka hanya memberikan sebagian kecil dari apa yang mereka miliki untuk orang lain. Mereka juga ingin mengajak orang lain untuk bersama menabur benih kebaikan karena mereka percaya bahwa kebaikan yang telah dilakukan hari ini akan terus berbuah bagi orang lain.

Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.