Benedictus XVI akan Hadiri Prosesi Kanonisasi Paus Yohanne XXIII dan Yohannes Paulus II (1)

MINGGU, tanggal 27 April 2014 akan menandai sejarah bagi umat beriman dan Gereja Katolik. Pada hari Minggu ini akan akan berlangsung upacara kanonisasi Karol Wojtyla dan Angelo Roncalli di dalam Basilika Santo Petrus. Mantan Paus Benedictus XVI akan mendampingi Paus Fransiskus memimpin upacara prosesini. Paus Fransiskus menjadi Konselebran Utama, sementara mantan Paus Benedictus XVI akan menjadi konselebran.

Sekitar enam juta
Hari-hari ini sampai Minggu mendatang, Roma dan Vatikan dipastikan akan kebanjiran ribuan turis, utamanya para peziarah yang akan mengikuti secara langsung acara kanonikasi: penobatan status ‘kudus’ bagi Paus Yohannes XXIII dan Paus Yohannes Paulus II menjadi santo.

Diperkirakan akan datang tak kurang enam ribuan peziarah ke Vatikan untuk menyaksikan langsung acara ini yang akan disiarkan langsung melalui layar monitor di luar Basilika.

Beberapa bulan sebelumnya, saat masih menjadi bertahta di Vatikan, Paus Benedictus XVI menyempatkan diri memberikan waktu khusus untuk sebuah wawancara dengan vaticanisti. Kepada jurnalis spesialis Vatikan dari Polandia ini, Paus Benedictus menyampaikan kesan-kesan pribadinya selama menjadi ‘pembantu’ mendiang Paus Yohannes Paulus II yang menggawangi Departemen “Penjaga” Iman.
Paus Benedictus XVIA menyebut pendahulunya itu sebagai Paus yang hebat dan kepada beliau, Kardinal Ratzinger –Paus Benedictus—memberikan hormat yang besar.

pope-john-paul-iijpg-4c41641106577abd

Paus Yohannes Paulus II yang mulai Minggu tanggal 27 April 2014 akan resmi menjadi Orang Kudus (Santo) bersama mendiang Paus Yohannes XXIII. (Courtesy of Cathnews USA)

“Yohanes Paulus II tidak meminta tepuk tangan, tidak pula merasa khawatir tentang bagaimana keputusan-keputusannya akan diterima. Di mataku, keberanian akan kebenaran merupakan kriteria yang menempati urutan pertama tentang kekudusan”.

Mulai hari Sabtu pukul 21.00 waktu Roma (tanggal 26 April), sudah akan berlangsung acara “Malam Putih”, semacam tuguran untuk mengajak semua orang berkanjang dalam doa.

Gereja-gereja akan dibuka dan akan berlangsung kegiatan liturgis untuk menyambut hari besar ini.
Makam Paus Yohannes Paulus II juga akan dibukan untuk umum. Termasuk makam Paus Yohannes XXIII yang sebelumnya dikenal sebagai Kardinal Angelo Giuseppe Roncalli yang dikenal dengan sebutan “Paus yang baik”.

Tautan sumber: http://www.pondokrenungan.com/

Photo credit: Cathnews USA, Time

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.