Banyak Hal tak Bisa Dicerna Pikiran: Persisnya Bagaimana Candi Borobudur Ada?

borobudur

“Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: “Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!” (Why 15, 3)

SAAT di Sekolah Dasar, saya mendapatkan informasi tentang tujuh keajaiban dunia, seperti Borobudur, Taj Mahal, dan lainnya. Banyak bangunan purbakala buatan tangan manusia yang masih berdiri kokoh kuat, indah dan mengagumkan.

Sungguh ajaib bahwa hasil karya manusia ratusan tahun yang lalu tidak kalah kualitasnya dengan banyak bangunan modern. Banyak juga danau, telaga, pemandangan lain yang indah, mengagumkan dan ajaib.

Hal-hal tersebut menimbulkan tanda tanya, “Siapa yang membuat dan bagaimana cara membuatnya?” Hal-hal tersebut tentu tidak dibuat oleh tangan manusia. Kalau bukan buatan tangan manusia, lantas buatan siapa?

Orang akhirnya akan sampai pada suatu keyakinan bahwa Allah lah yang menciptakan banyak hal-hal indah di alam semesta. Dengan kuasa-Nya, Allah mampu menciptakan banyak hal indah dan ajaib bagi manusia.

Apa yang indah dan ajaib tidak hanya ada di alam semesta, tetapi juga dalam kehidupan umat manusia. Bangsa terpilih mengalami banyak hal ajaib yang dilakukan Tuhan, sejak mereka keluar dari perbudakan Mesir sampai masuk ke tanah terjanji. Mereka bisa menyaksikan karya-karya Tuhan yang sungguh ajaib dan mengagumkan secara bersama-sama.

Selain itu, banyak orang juga mengalami karya Tuhan yang ajaib secara personal. Banyak orang yang mengalami bahwa dirinya disembuhkan Tuhan dari sakitnya yang akut, sekalipun dokter sudah angkat tangan.

Seorang isteri telah ditinggal mati suaminya dan harus membesarkan serta menghidupi tujuh anak. Ibu tersebut sungguh merasakan pekerjaan Tuhan yang ajaib bagi keluarganya, sehingga tujuh anaknya bisa menyelesaikan pendidikan tinggi, mendapatkan pekerjaan dan telah berkeluarga.

Seorang bapak merasakan karya Tuhan yang ajaib, sehingga dia masih selamat dan tetap hidup, sekalipun mobil yang ditumpangi terguling beberapa kali dalam suatu kecelakaan. Memang banyak karya Tuhan yang besar dan ajaib dalam kehidupan kita.

Manakah karya besar dan ajaib yang dilakukan Tuhan dalam diriku?

Teman-teman selamat petang dan selamat berkarya.

Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.