Bangun Strategi Hadapi Tantangan Hidup

< ![endif]-->

APA yang akan Anda lakukan, ketika ada tantangan yang menghadang Anda? Anda patah semangat? Atau Anda justru berjuang sekuat tenaga untuk menemukan berbagai strategi untuk menghadapinya?

Suatu hari ada seorang pemuda yang melakukan perjalanan ke dalam hutan yang sangat lebat. Ia ingin mencari pohon gaharu yang mahal harganya. Pagi-pagi buta ia mulai melakukan perjalanan itu. Ia berpikir, ia akan pulang kembali malam harinya setelah mendapatkan pohon gaharu itu.

Tetapi ia salah prediksi. Setelah seharian masuk hutan, ia belum juga menemukan pohon gaharu itu. Ia mesti bermalam. Malam yang gelap itu membuat ia merasa ciut. Ia takut. Karena itu, menjelang malam ia berusaha untuk membuat api. Soalnya, ia tidak membawa korek api. Tetapi ia sangat butuh api.

Ia tidak hilang akal. Ia berusaha menemukan batu api. Benar. Ia menemukan batu api. Lantas ia mulai membuat api dengan memukul-mukul batu api itu dengan batu yang lain. Ternyata, tidak mudah ia membuat api dari batu api itu. Lama sekali ia berusaha. Hampir seratus kali ia membentur-benturkan kedua batu itu baru ia berhasil menyalakan api. Keringat deras membasahi tubuh pemuda itu, meski suasana di sekelilingnya cukup dingin.

Hal yang membanggakan adalah pemuda itu mau berusaha untuk mendapatkan yang ia inginkan. Meski batu api itu tidak gampang memberikan balasan atas usahanya, tetapi berkat kerja kerasnya, ia mendapatkan yang diinginkannya.

kayu gaharu di pedalaman Papua mhariyadi edited

Situasi tidak mulus

Sahabat, dalam hidup ini kadang-kadang kita berjumpa dengan situasi yang tidak selalu mulus. Ada saja situasi yang membuat kita mesti berjuang keras untuk meraih impian kita. Ada berbagai usaha yang mesti kita lakukan untuk menemukan kesuksesan dalam hidup ini. Ada juga situasi hidup yang memaksa kita untuk bekerja keras. Kadang-kadang hal ini membuat kita patah semangat. Tetapi semestinya kita tetap berjuang untuk meraih impian kita.

Kisah di atas memberi inspirasi kepada kita untuk tetap berjuang dalam hidup ini, apa pun situasinya. Tantangan hidup itu selalu ada dan akan selalu mendatangi kita. Hidup di zaman sekarang tidak selalu mudah. Ada saja godaan untuk meninggalkan nilai-nilai baik yang kita anut selama ini. Kita didesak untuk menerima hidup yang instan yang kurang banyak perjuangannya.

Memang, batu api itu tampak kikir. Dia tidak begitu saja memberi api kepada yang membuatnya. Ia menantang ketangguhan orang yang ingin mendapatkan api itu. Untuk itu, dalam hidup ini yang dibutuhkan adalah membuat strategi-strategi untuk menghadapi berbagai tantangan. Strategi yang baik dan tepat sasaran akan membantu kita untuk mengalami hidup ini lebih bermakna.

Karena itu, orang beriman mesti berani bekerja bersama Tuhan. Orang beriman tidak boleh bekerja sendirian. Tuhan memberi kita kemampuan untuk menghadapi tantangan-tantangan. Tuhan memberi kita kekuatan melalui rohNya, agar kita mampu bertahan terhadap berbagai rintangan yang kita hadapi. Mari kita berjuang bersama Tuhan. Dengan demikian, hidup ini menjadi semakin bermakna. Tuhan memberkati.

Photo credit:

  • Karikatur strategi (Ilustrasi/Ist)
  • Tumpukan kayu gaharu di pedalaman Papua (Mathias Hariyadi)
Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.