Bacaan dan Renungan Selasa 07 September 2021 Pekan Biasa XXIII

Allah telah menghidupkan kalian bersama dengan Kristus, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaraan kita.

Saudara-saudara, kalian telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita.Karena itu hendaklah kalian tetap hidup bersatu dengan dia.Hendaklah kalian berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia.Hendaklah kalian bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepada kalian. Hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Hati-hatilah, jangan sampai ada yang menawan kalian dengan filsafat kosong dan palsu, menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia,tetapi tidak menurut Kristus. Sebab seluruh kepenuhan Allah secara jasmaniah diam dalam Kristus, dan dalam Dia kalian pun memperoleh kepenuhan.Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. Dalam Dialah kalian telah disunat,bukan dengan sunat yang telah dilakukan oleh manusia,tetapi dengan sunat Kristus,yang wujudnya adalah penanggalan tubuh yang berdosa.Sebab kalian telah dikuburkan bersama Kristus dalam pembaptisan, dan dibangkitkan bersama Dia oleh kepercayaanmu akan karya kuasa Allah, yang telah membangkitkan Kristus dari orang mati. Dahulu kalian mati karena pelanggaranmu dan karena tak bersunat secara lahiriah.Tetapi kini Allah menghidupkan kalian bersama Kristus sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita. Surat utang yang oleh ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita, telah dihapuskan-Nya dan ditiadakan-Nya, dengan memakukannya pada kayu salib.Kristus telah melucuti pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam pawai kemenangan-Nya.



Ref:Tuhan itu baik kepada semua orang.

Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya Rajaku,aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya.Setiap hari aku hendak memuji Engkau,dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya.Tuhan itu pengasih dan penyayang,panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang,penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan,dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

Kalian telah Kupilih dari dunia dan Kutetapkan agar pergi dan berbuah, dan buahmu tinggal tetap.



Semalam-malaman Yesus berdoa.Lalu Ia memilih dua belas orang, yang disebut-Nya rasul.

Sekali peristiwa Yesus mendaki sebuah bukit untuk berdoa.Semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.Keesokan harinya, ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya dan memilih dari antara mereka dua belas orang,yang disebut-Nya rasul.Mereka itu ialah: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus,dan Andreas saudara Simon,Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus,Matius dan Tomas,Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot,Yudas anak Yakobus,dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Lalu Yesus turun bersama mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar. Di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka;juga mereka yang kerasukan roh-roh jahat mendapat kesembuhan. Dan orang banyak itu berusaha menjamah Dia,sebab daripada-Nya keluar suatu kuasa,dan semua orang itu disembuhkan-Nya.


Betapa girangnya hati Bella ketika ia dipilih untuk mewakili kantornya dalam kepanitiaan perayaan HUT kantor nasional mereka yang ke-50. Dalam kegirangan itu Ranti maupun rekan-rekan lainnya sadar bahwa mereka dipilih bukan karena prestasi atau pun dedikasi mereka tetapi karena ditentukan oleh pimpinan mereka.

Sebelum Yesus memilih 12 belas murid dari antara murid-murid-Nya yang selama ini mengikut Dia, Ia berdoa semalam-malaman kepada Allah (ayat 12). Pemilihan murid adalah hal yang serius, tidak boleh dibuat main-main. Pemilihan murid adalah untuk misi Yesus, oleh karenanya Yesus tidak memilih berdasarkan kriteria subyektif-Nya, melainkan Ia menyerahkan pemilihan itu kepada kedaulatan Allah Bapa di surga. Selepas berdoa, Yesus mengumpulkan para murid-Nya, lalu memilih duabelas dari antara mereka untuk menjadi rasul-Nya. Rasul berarti ‘orang yang diutus untuk mewakili.’ Berarti, mereka adalah pilihan Allah bagi Yesus untuk mewakili Yesus dalam melaksanakan dan menggenapi rencana Allah di dalam dan melalui Yesus.

Yesus memilih para rasul sesuai dengan kehendak Allah. Hal menarik yang Lukas sampaikan di sini adalah ia mencantumkan komentarnya mengenai Yudas Iskariot sebagai rasul yang kemudian mengkhianati Yesus (ayat 16). Apakah pemilihan Yesus salah? Tentu tidak, karena Allahlah yang memilih melalui Yesus. Lalu, apa rencana Allah dibalik pemilihan Yudas Iskariot? Saat ini belum jelas. Akan tetapi, kita boleh yakin pada satu hal yaitu bahwa semua yang Allah rencanakan pasti untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya, termasuk pengkhianatan Yudas kelak menjadi jalan untuk kematian Kristus yang menyelamatkan itu.



Renungkan: Jangan membanggakan diri dengan berkata “saya umat pilihan”. Sebaliknya, dengan rendah hati naikkanlah syukur dan hidupi panggilan mulia itu dengan setulus-tulusnya.

DOA: Bapa surgawi, tolonglah aku untuk dapat mencari Engkau dalam doa setiap hari Nyatakanlah kepenuhan kasih-Mu dan hidup-Mu bagiku. Biarlah kuasa-Mu yang dapat mentransformasikan mengalir melalui diriku kepada siapa saja yang kutemui. Amin. (Lucas Margono)


Luk 6:12-19 Semalam-malaman Yesus berdoa. Lalu Ia memilih dua belas orang, yang disebut-Nya rasul.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.