Ayo … Mengenal Isi Kitab Hukum Kanonik (1)

cover resensi khk 1

DUNIA Hukum Gereja mencakup seluruh aspek hidup Gereja. Berbicara mengenai hukum, konotasinya sulit, njlimet, muter-muter, dan lain sebagainya hingga kita takut untuk masuk dan memahaminya. Buku kecil ini hadir untuk membantu pembaca melihat secara sekilas tentang Dunia Hukum Gereja. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, penulis menyampaikan tema-tema menarik, praktis, dan konkret bagi kehidupan kita.

Tema-tema yang diulas adalah Hierarki Gereja, Keuskupan, Paroki, Sakramen Baptis, Sakramen Penguatan, Sakramen Tobat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perkawinan, Sakramen Tahbisan, dan Sakramen Pengurapan Orang Sakit. Selain itu, ditampilkan secara jelas dan gamblang proses pembatalan perkawinan. Kejelasan dan kegamblangan ini menjadi semakin nyata karena penulis pernah mengenyam pendidikan Studi Licensiat Hukum Gereja di Universitas Gregoriana Roma (2005-2008); mengambil Kursus Spesialisasi Yurisprudensi Sacra Rota Romana di universitas yang sama (2008-2009). Saat ini berkarya di Paroki St. Yosep Pekerja, Juata Permai, Tarakan, Keuskupan Tanjung Selor.

Tema-tema tersebut diulas dan didalami lewat metode tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan yang ditampilkan adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di antara kita, misalnya: apakah yang dimaksud hierarki Gereja, apakah orang yang hidup dalam perkawinan tidak sah boleh sambut komuni, apakah orang yang sudah bercerai boleh menikah lagi, apakah perkawinan yang gagal bisa selalu dibatalkan, bagaimana proses pembatalan perkawinan itu berlangsung, berapa kali kita boleh sambut komuni dalam sehari, siapakah yang boleh menerima Sakramen Pengurapan Orang Sakit, dan sebagainya.

Dengan membaca buku tipis dan sederhana ini, penulis berharap pembaca mulai mempunyai sebuah cakrawala tentang Hukum Gereja. Hukum Gereja tidak hanya mencakup hukum perkawinan saja; tetapi lebih luas dari itu. Semua aspek kehidupan Gereja diatur oleh Hukum Gereja. Dan dengan metode tanya-jawab ini akan semakin mendaratkan antara apa yang dikatakan hukum Gereja dan realita masalah yang berkembang di dalam jemaat Katolik. Buku ini merupakan seri pertama dan akan disusul oleh buku-buku seri lain yang akan melanjutkan tema-tema serta topik-topik menarik terkait dengan Hukum Gereja.  Melalui metode tanya-jawab ini, banyak hal-hal yang konkret, praktis, dan harian terjawab dengan membaca buku ini.

Pada akhirnya, buku ini akan mampu menjadi pegangan bagi mereka yang berkecimpung dalam pendampingan jemaat entah itu mereka yang tertahbis maupun ataupun awam yang punya hati membantu sesamanya yang memohon bantuan. Lebih mendasar lagi, buku ini dapat langsung dinikmati oleh mereka yang sedang dalam persimpangan jalan mengenai masalah yang dihadapi; ketika harus bertatap muka dengan legalitas gerejawi.

 

Identitas Buku:

Judul Buku : Tanya Jawab Seputar Kitab Hukum Kanonik jilid 1

Penulis        : Silvester Susianto Budi, MSF

Tebal           : 88 halaman

Penerbit     : Penerbit-Percetakan Pohon Cahaya

Cetakan      : Pertama, Januari 2013

ISBN             : 978-602-9485-76-9

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.