AYD 2017: OMK St. Sylsvester Paroki SPM Bunda Kristus Wedi Sambut Kirab Salib AYD

Kirab Salib AYD 2017 memasuki gedung Gereja St. Perawan Maria Bunda Kristus Paroki Wedi – Klaten melalui pintu gerbang utama. Ciri khas Gereja Paroki Wedi adalah corak bangunannya dengan atap menjulang tinggi dengan tiang tiang kayu jati berukuran besar di setiap titik. (OMK St. Sylvester Paroki Wedi)

BERIKUT ini kami tampilkan esai foto tentang cara segenap OMK St. Sylvester Gereja St. Perawan Maria Bunda Kristus Paroki Wedi- Klaten saat menyambut  kedatangan kirab Salib Asian Youth Day (AYD) ke-7 tahun 2017. Perhelatan iman skala internasional antara OMK se Asia  bernama AYD ini akan berlangsung di Keuskupan Agung Semarang (KAS).

KAS sudah menentukan pilihannya bahwa Yogyakarta akan menjadi tuan rumah untuk AYD ke-7 awal Agustus 2017 mendatang. Sebelumnya, AYD ke-6 telah berlangsung di Daejeon, Korea Selatan tahun 2014 lalu.

AYD dan IYD

AYD berlangsung setiap tiga tahun sekali. Sementara, Indonesia Youth Day (IYD) yang berlangsung di Indonesia dengan sponsor utamanya Komisi Kepemudaan KWI diselenggarakan setiap lima tahun sekali.

IYD pertama telah berlangsung di Sanggau, Kalimantan Barat, tahun 2012. IYD kedua baru saja terselenggara dengan lancar dan meriah bersama 2.600-an peserta dan 24 Uskup dari seluruh Indonesia pada tanggal 1-6 Oktober 2016 di Manado, Sulawesi Utara. IYD ketiga akan diselenggarakan pada tahun 2022 di Keuskupan Agung Palembang (KAPAL) namun pihak KAPAL belum menentukan di kota mana IYD ke-3 tahun 2022 itu akan berlangsung.

Muncul pertanyaan kenapa jarak waktu terselenggaranya IYD pertama dan kedua hanya ‘berjarak’ empat tahun dan bukan lima tahun sebagaimana mestinya. IYD kedua sengaja dimajukan setahun sebelumnya (tahun 2016) dari jadwal rencana semula (tahun 2017) agar tidak ‘bertabrakan’ dengan AYD ke-7 pada tahun 2017.

AYD ke-7 tahun 2017 di Yogyakarta

Konsep Asian Youth Day (AYD) digagas pertama kali oleh Federasi Para Uskup Asia (FABC)  dan AYD ini berlangsung rutin setiap tiga tahun sekali. Senada dengan semangat World Youth Day (WYD) yang mengajak OMK seluruh dunia berkumpul dalam satu semangat iman dan harapan, AYD juga mengajak seluruh OMK di seluruh negara di Benua Asia –bukan hanya negara-negara anggota ASEAN—untuk berkumpul bersama merayakan iman dan kebersamaan untuk membangun peradaban cinta kasih dan cinta perdamaian.

Ide terbentuknya AYD ini pertama kali muncul pada tahun 1991, ketika berlangsung World Youth Day ke-5 di Czestochova, Polandia. Ketika itu, sejumlah kontingen WYD 1991 dari beberapa negara di Asia mengungkapkan keinginan sama: mengapa hal serupa tidak terjadi di Benua Asia? Akhirnya, FABC pun merestui lahirnya Asian Youth Day (AYD).

Tahun 1993 berlangsung sebuah rapat di Bangkok untuk membahas gagasan tersebut dan setahun berikutnya muncullah semacam Kelompok Kerja OMK Asia untuk merumuskan program AYD hingga kemudian benar-benar AYD itu muncul dan terjadi.

Barulah pada tahun 1999, Asian Youth Day pertama kalinya bisa terjadi di Hua Hin, Thailand pada tanggal 7-12 Agustus 1999 dan mengambil tema “Asian Youth Journeying with Jesus towards the New Millennium”.AYD ke-2 berlangsung di Taipei, Taiwan, 11-17 Agustus 2001 bertema “We are Called to Sanctity and Solidarity“.AYD ke-3 di Bangalore, India, 10-17 Agustus 2003 bertema “Asian Youth for Peace”.AYD ke-4 di Hong Kong, 30 Juli – 5 Agustus 2006 bertema “Youth, Hope of Asian Families”.AYD ke-5 di Imus, Filipina, 20-27 November 2009 bertema “ Asia, Fiesta! Young Asians: Come Together, Share the Word, Live the Eucharist. “AYD ke-6 di Daejeon, Korsel, 10-17 Agustus 2014 bertema “Asian Youth. Wake up. The Glory of the Martyrs Shines on You” dan dihadiri Paus Fransiskus.AYD ke-7 di Yogyakarta, KAS, 30 Juli – 6 Agustus 2017 bertema “Joyful Asian Youth: Living the Gospel in Multicultural Asia”.

Baca juga:  Salib AYD 2017 di Gereja SPM Bunda Kristus Wedi – Klaten

wedi-salib-ayd-3Dengan berpakaian adat Jawa setempat corak Solo, segenap OMK St. Sylverster Paroki Wedi dan umat katolik ikut menyambut kedatangan Salib AYD 2016 di halama Gereja SMP Bunda Kristus Paroki Wedi – Klaten yang luas. (OMK St. Sylvester Paroki Wedi) wedi-salib-ayd-2Bertempat di halaman depan Gereja Santa Perawan Maria Bunda Kristus Paroki Wedi -Klaten, kirab Salib AYD 2017 diserahterimakan dari kontingen OMK St. Bonaventura Paroki St. Yusup Gondang ke OMK St. Sylvester Paroki Wedi. Sebelum menjadi sebuah paroki mandiri, Paroki Gondang dulunya merupakan salah satu stasi Paroki Wedi. (OMK St. Sylvester Paroki Wedi) Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.