Apa yang digambarkan oleh Sakramen Ekaristi dalam kehidupan Gereja?

1pope

Paus Fransiskus memegang monstran pada Pesta Tubuh Kristus di Basilika Santa Maria Maggiore. (CNS/Tony Gentile, Reuters)

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

274. Apa yang digambarkan oleh Sakramen Ekaristi dalam kehidupan Gereja?

Sakramen Ekaristi adalah sumber dan puncak semua kehidupan Kristen. Dalam Sakramen Ekaristi, karya pengudusan Allah untuk kita dan ibadah kita kepada-Nya mencapai puncaknya. Sakramen Ekaristi berisikan seluruh harta rohani Gereja, yaitu Kristus, Paskah kita. Persatuan dengan kehidupan ilahi dan kesatuan dengan Umat Allah diungkapkan dan dilaksanakan dalam Sakramen Ekaristi. Melalui Sakramen Ekaristi, kita dipersatukan dengan liturgi surgawi dan dapat mencicipi kehidupan kekal.

Bacaan lebih lanjut: Katekismus Gereja Katolik 1324-1327, 1407

275. Apa nama-nama dari Sakramen ini?

Kekayaan yang tak terperikan dari Sakramen ini diungkapkan dengan bermacam-macam nama yang menunjuk kepada berbagai macam segi. Nama yang paling umum adalah Sakramen Ekaristi, Ekaristi Kudus, Perjamuan Allah, Pemecahan Roti, Perayaan Ekaristi, Kenangan akan sengsara, wafat, dan kebangkitan Tuhan, Kurban Kudus, Liturgi Kudus dan Ilahi, Misteri Kudus, Sakramen Altar yang Paling Kudus, dan Komuni Kudus.

Bacaan lebih lanjut: Katekismus Gereja Katolik 1328-1332

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: