Ancaman Perang Saudara di Sudan Selatan: Pastor Indonesia Terjebak di Zona Bahaya

PASTOR Clemencius Rommy Suriroja SVD adalah imam anggota Tarekat Serikat Sabda Allah (SVD) yang beberapa tahun terakhir ini menjadi misionaris di Sudan Selatan. Sebagaimana dilaporkan oleh media internasional, dalam beberapa waktu terkini, kawasan ini sangat rawan oleh koyakan perang saudara. Itu terjadi, sejak Sudan Selatan mengambil pilihan politik memisahkan diri dari Sudan.

Baca juga:  Romo Misionaris Indonesia Terjebak di Zona Perang Sudan Selatan

Sejak hari Senin tanggal 11 Juli 2016 kemarin, laporan media internasional menyebutkan bahwa Sudah Selatan kini mulai dihantui oleh bahaya perang saudara antara pihak pemerintah yang tengah berkuasa melawan gerilyawan atau pemberontak bersenjata. Kini, beberapa wilayah yang dulunya masuk kawasan damai karena “dikuasai” pasukan pemerintah mulai masuk dalam kekuasaan pasukan pemberontak bersenjata.

Tak terkecuali di Juba, menyusul pertempuran darat antara pasukan pemberontak dan tentara pemerintah yang ikut mengoyak perdamaian di Sudan Selatan.

Dikuasai kaum pemberontak

Pastor misionaris asal Indonesia yakni Romo Clemencius Rommy Suriroja SVD dalam sebuah pesan pendek melalui jaringan WA mengabarkan kepada Bruder Purnawan SVD sebagai berikut:

“Halo Bruder. Saya ingin menyampaikan situasi terakhir di South Sudan. Situasinya mencekam. Bandara sudah dikuasai oleh kaum oposisi atau pihak pemberontak. Mulai hari Senin kemarin, orang-orang sudah mulai mengungsi dan hari Selasa tanggal 12 Juli 2016 wilayah kami juga jatuh ke tangan pemberontak,” tulis Romo Clemencius.

“Saatnya, perang saudara akan mulai. Doakan kami semoga situasi dapat terkendali. Beberapa orang umat sudah mulai mengungsi masuk pastoran. Salam untuk komunitas SVD di Indonesia,” sambungnya dalam pesan singkat melalui jalur WA yang dibagikan Andreas Kristiadi kepada Redaksi Sesawi.Net hari Selasa menjelang petang hari ini.

avatar Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.