Alm. Kardinal CM Martini SJ Pernah Menjabat Rektor Institut Biblicum dan Universitas Gregoriana Roma (2)

CARLO Maria Martini SJ, seorang Kardinal, Uskup Agung Milano, dikenal luas  sebagai “Bapak Dialog” Italia. Beliau adalah ahli Kitab Suci, seorang eksegit, dan teolog besar. Juga merupakan seorang ahli dogma dengan seabreg predikat lain di bidang intelektual.

Alm. Kardinal Carlo Maria Martini SJ lahir di Piemonte, Torino, tanggal 15 Februari 1927. Beliau meninggal di Kolese Jesuit “Aloisianum” Gallarate Milano, pada hari Jumat 31 Agustus 2012,  setelah beberapa lama mengidap penyakit Parkinson.  Beliau dimakamkan di dalam Gereja Duomo (Katedral) Milano pada hari Senin 3 September 2012, di dekat altar dan makam Santo Carolus Borromeus, pelindungnya.

Menurut berita, selama disemayamkan di Katedral Milano, sekitar 200 ribu orang hadir memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Kardinal Martini.

Institut Biblicum dan Universitas Gregoriana Roma

Carlo Maria Martini, imam Jesuit ini, pernah menjadi Rektor Universitas Gregoriana dan Institut Biblicum Roma yang sangat berwibawa. Pada 29 Desember 1979, beliau diangkat oleh Paus Yohanes Paulus II menjadi Uskup Agung Milano. Kemudian pada tahun 1983 ditunjuk menjadi Kardinal. Beliau menjadi menjadi Uskup Agung Milano sampai tahun 2002.

Selama 23 tahun menjadi Uskup Milano, tak terhitung terobosan pastoral yang dibuat oleh Kardinal Martini. Beliau dikenal sebagai Bapak dan Tokoh Dialog, Bapak Pluralisme, Bapak Ekumenisme, Bapak Katekese Modern, Bapak Kaum Professional dan Para Pengusaha dan tentu saja seorang gembala yang sangat mencintai keluarga, para papa miskin dan imigran. Sebagai Kardinal, oleh pelbagai kalangan, di zamannya beliau selalu disebut sebagai “Pangeran Gereja” dan calon Paus masa depan.

Kardinal Martini menghabiskan masa pensiunnya di Yerusalem Tanah Suci. (Bersambung)

Artikel terkait:

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.