Ajakan Untuk Bertobat

Posted on


YESUS berkeliling ke kota Khorazim, Betsaida dan Kapernaum; banyak mukjizat yang telah dikerjakanNya bagi penduduk kota-kota tersebut. Walaupun mereka telah menyaksikan karya Yesus, namun hati mereka tidak tergerak sedikitpun untuk percaya kepadaNya dan bertobat. Yesus sungguh amat kecewa terhadap sikap mereka.


Tuhan sungguh mengasihi kita, Ia menghendaki agar manusia memperoleh keselamatan sehingga dapat hidup berbahagia bersamaNya untuk selamanya. Dengan tak jemu-jemu Ia mengajak manusia untuk bertobat. Segala cara diupayakanNya untuk mendapatkan kembali umatNya yang tersesat. Lewat berbagai sarana seperti homili romo, teguran teman dan anggota keluarga, peristiwa kehidupan yang kita alami, termasuk sabdaNya pada hari ini, Ia menyapa dan mengajak kita semua agar kembali kepadaNya.


Binalah relasi yang akrab denganNya agar kita peka terhadap teguranNya. Jangan menutup diri terhadap tawaranNya untuk bertobat, melainkan dengan rendah hati mau memeriksa batin kita untuk menyadari betapa banyak kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan lewat pikiran, perkataan maupun perbuatan kita.


Berjuanglah terus menerus untuk mengubah sikap kita dan memperbaharui hidup kita agar berkenan di hadapanNya. Tinggalkan semua hal yang menyimpang dari ajaranNya dan berbalik arah untuk menjejakkan langkah kehidupan kita di jalan yang ditunjukkanNya.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.