ABS = Asal Bapak Senang Ya …

ABS by clipart

“Pada waktu itu anak perempuan Herodias tampil lalu menari, dan ia menyukakan hati Herodes
dan tamu-tamunya. Raja berkata kepada gadis itu, ‘Minta dari padaku apa saja yang kauingini, maka akan kuberikan kepadamu!’, lalu bersumpah kepadanya, ‘Apa saja yang kauminta akan kuberikan kepadamu, sekalipun setengah dari kerajaanku!’” (Mrk 6, 22-23)

Ungkapan ‘ABS’ (Asal Bapak Senang) pernah popular dan banyak dipergunakan dalam lembaga atau instansi tertentu.

Ungkapan ini menunjuk pada sikap atau perilaku karyawan atau bawahan yang berusaha membuat senang pimpinan mereka. Banyak hal dilakukan agar pimpinan merasa senang hatinya, seperti
membuat laporan yang bagus-bagus dan baik atau memberikan informasi tentang hal-hal yang positif.

Hal-hal baik yang disampaikan tidak selalu baik dan benar juga di dalam kenyataan atau di lapangan. Membuat senang atau menyukakan hati orang lain bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja, entah di dalam instansi pemerintahan, perusahaan swasta, dalam keluarga atau di tempat lain.

Banyak hal bisa dilakukan untuk membuat orang lain senang hatinya, seperti dilakukan oleh anak perempuan Herodes dengan menari. Orang yang hatinya senang, biasanya, mudah memberikan banyak hal kepada orang lain, entah barang atau materi, kepercayaan, fasilitas atau kemudahan, berbagai permohonan bantuan.

Orang yang hatinya senang bisa memberikan sesuatu dalam jumlah besar tanpa merasa dirugikan, seperti dialami oleh Herodes. Mereka akan memberikan apa saja yang diminta oleh orang-orang yang membuat hatinya senang.

Bahkan orang yang hatinya senang cenderung tidak rasional lagi, artinya tidak lagi mempergunakan nalar atau akal budinya secara jernih. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Yohanes Pembaptis yang dipenggal kepalanya merupakan salah satu akibat dan korban dari hal ini. Hati senang janganlah meninggalkan pertimbangan-pertimbangan rasional yang jernih dan bijak.

Teman-teman selamat siang dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.