4 Pertanyaan Refleksi Evaluasi Kerja Pastoral Keuskupan Atambua

SETIDAKNYA ada empat pertanyaan yang diberikan pada para pastor, diakon, dan utusan DPP dari ke 61 Paroki se-Keuskupan Atambuape saat mengikuti Monitoring dan Evaluasi Program Kerja Pastoral, Keuskupan Atambua, Kamis (11/8/2016).

disco mena 2Pertama, bagaimana mengukur integrasi/sinergi kegiatan pastoral antara program paroki, dekenat, & keuskupan secara kuantitatif dan kualitatif?

Kedua, bagaimana mengukur tingkat partisipasi umat dalam karya pastoral berdasarkan proses & mekanisme yang ada di Paroki?

Ketiga, bidang-bidang apa saja yang menjadi keprihatinan utama dalam pastoral pencerdasan kehidupa?

Dan keempat, bagaimana mengembangkan sikap cinta kasih pastoral atau passion pastoral & caritas pastoralis dalam rangka memerangi kemalasan spiritual & pastoral dalam lingkup gereja?

discov mena1“Ternyata dalam kelompok diskusi Dekenat Mena, saya menilai para peserta berhasil menemukan jawaban-jawaban yang cukup membantu membuat strategi, menjalankan serta mengembangkan program-program pastoral di semester berikut”ujar Deken Mena, RD. Kanis Oki.

Menurut RD Oki, keempat pertanyaan ini memang menjadi kerangka diskusi kelompok untuk mempertajam refleksi pastoral setiap paroki tentang kinerja mereka pada semester pertama (Januari-Juli 2016).

disco mena4Hal serupa pun disampaikan Deken Belu Utara, Rm. Stef Boysala, Pr. “Kesan saya selama diskusi ini, semua peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dari pengalaman mereka sendiri. Ada banyak program yang sudah dilaksanakan, dan dari semuanya itu diharapkan ada pengembangan lebih lanjut di semester berikut,”ungkapnya.

Ada harapan yang diutarakan peserta lain. Seperti yang disampaikan RD. Yoris Giri, misalnya. Dia berharap kegiatan monev bakal berlanjut.

“Kegiatan Monev ini sangat bagus untuk para pastor dan agen pastoral karena kita mampu menilai kinerja selama satu semester. Karena itu saya mengharapkan monev ini tetap ada. Kami mengapresiasi terobosan yang telah dibuat Bapak Uskup Domi ini,”katanya.

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.