367 Tewas dalam Gempa Dahsyat 6,3 Skala Richter di Provinsi Yunnan, Tiongkok

gempa di Kunming 1

GEMPA dahsyat melanda kawasan Yunnan, Tiongkok, Minggu (3/8) petang kemarin dengan makan korban tewas sebanyak 367 orang dan lebih dari 1.800 lainnya luka-luka.

Tak kurang sebanyak 12 ribu rumah dikabarkan roboh di kawasan Ludian, sekitar 277 km sebelah barat daya Kunming, Ibukota Provinsi Yunan.

Laporan Kantor Berita Xinhua menyebutkan, goncangan hebat terjadi kira-kiran pukul 16.30 waktu Tiongkok. Episentrum gempa dipastikan ada pada kedalaman 10 km berada di kota Longtoushan, sekiar 23 km dari kota Zhaotong.

Kawasan ini pernah dihantam gempa dahsyat pada tahun 2012 dengan menelan korban jiwa 81 orang meninggal.

Kali ini, korban tewas sebanyak 357 merupakan penduduk Zhaotong, sementara 10 orang tewas lainnya tinggal di Quijing.

Menurut laporan kantor televisi CCTV Tiongkok, gempa yang terjadi kemarin ini merupakan bencana yang paling hebat sepanjang 14 tahun terakhir ini.

gempa di Kunming by Deutsche Welle

Porak poranda: Inilah pemandangan permukiman di tepian bukit yang porak poranda karena dihantam gempa di Provinsi Yunnan, Tiongkok. (Courtesy of Deutsche Welle)

Tahun 1970, gempa berkekuatan 7,7 Richter juga menghempas Provinsi Yunan dengan makan korban sebanyak 15 ribu tewas. Tahun 1974, gempa lain berkekuatan 7,1 Richter menelan korban sebanyak 1.400 orang.

Kawasan di Tiongkok yang rentan dengan bencana Gempa lainnya adalah Provinsi Sichuan. Tahun 2008, gempa dahsyat telah menewaska tak kurang dari 90 ribu jiwa.

Sumber: JP

Kredit foto: Deutsche Welle

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.