Sabtu, 14 Januari 2023 – Hari Biasa Pekan I

Posted on

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ Macau

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Ibrani 4:16⁣

Marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian, agar kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya.⁣

PENGANTAR⁣: 

Yesus memilih pembantu-pembantu-Nya dari antara orang-orang biasa, bahkan dari golongan yang dicurigai. Akan tetapi, la juga memperhatikan maksud dan gagasan orang. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya. Tekad untuk menemukan, kesediaan untuk terbuka dan bekerja sama, itulah yang penting bagi-Nya.⁣

DOA PEMBUKA⁣: 

Marilah berdoa: Allah Bapa, sumber pengharapan, Yesus Putra-Mu telah Kauurapi dan menyampaikan sabda-Mu penuh kekuatan dan kesuburan. Kami mohon, semoga sabda-Mu berkarya benar-benar sebagaimana Kaukehendaki dan menumbuhkan harapan bagi siapa saja  yang mendambakan Dikau. Demi Yesus Kristus Putra-Mu Tuhan dan pengantara kami, yang..⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat kepada orang Ibrani 4:12-16

“Marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian.”

Saudara-saudara, sabda Allah itu hidup dan kuat, lebih tajam daripada pedang bermata dua mana pun! Sabda itu menusuk amat dalam, sampai ke batas jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum! Sabda itu sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungjawaban. Kita sekarang mempunyai Imam Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah. Maka baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Agung yang kita punya, bukanlah imam agung yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita! Sebaliknya Ia sama dengan kita! Ia telah dicobai, hanya saja tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 19:8-9.10.15

Ref. Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan.

  1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh memberikan hikmat kepada orang yang bersahaja.

  2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata ceria.

  3. Takut akan Tuhan itu suci, tetap untuk selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selamanya.

  4. Lebih indah daripada emas, bahkan daripada emas tua; dan lebih manis daripada madu, bahkan daripada madu tetesan dari sarang lebah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S  : (Luk 4:18-19) Tuhan mengutus Aku mewartakan Injil kepada orang yang hina-dina dan memberitakan pembebasan kepada orang tawanan. Alleluya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 2:13-17

“Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Sekali peristiwa Yesus pergi ke pantai Danau Galilea, dan semua orang datang kepada-Nya. Yesus lalu mengajar mereka. Kemudian ketika meninggalkan tempat itu, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya, “Ikutlah aku!” Maka berdirilah Lewi, lalu mengikuti Yesus. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Lewi, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Yesus makan bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya, “Mengapa Gurumu makan bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” Yesus mendengar pertanyaan itu dan berkata kepada mereka, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit! Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa!”

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor IESU per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria!!!!

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dari Komunitas SCJ di Macau, dalam RESI, Edisi Sabtu 14 Januari 2023. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia. Tema renungan kita pada hari ini, adalah: “Kasih Yesus, Memperbarui kita”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Markus 2:13-17.

Para pendengar RESI yang terkasih, pada bagian akhir Injil hari ini, kita mendengarkan kata-kata Yesus “…Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” Melalui kata-kata Yesus ini, kita yakin dan percaya betapa Yesus sangat mengasihi orang yang berdosa. Kerinduannya untuk mengasihi kita dengan kasih yang tanpa batas melulu berdasarkan pada keyakinan bahwa Yesus adalah Kasih, dan di dalam Dia selalu ada kasih dan pengampunan.

Melalui keyakinan ini, kita semua diundang untuk semakin berani bangkit dan bersama memperbarui diri, agar kasih Tuhan Yesus semakin penuh kita rasakan dalam hidup kita. Kita menyadari bahwa kita ini orang lemah dan tak jarang jatuh dalam dosa; namun kita percaya, daya dan kekutan kasih Yesus yang ada dalam hati kita, akan selalu memampukan kita untuk semakin berani melangkah menuju kepada kehidupan yang lebih baik, yang di tandai dengan pertobatan terus-menerus, dalam kehidupan keseharian kita.

Biarlah Sabda Yesus hari ini, menyemangati kita untuk selalu berani saling mendukung dalam semangat pembaruan diri kita. Mari kita tetap selalu bersuka cita bersama di dalam iman, karena kita memiliki Tuhan Yesus yang sungguh amat baik, yang senantiasa menantikan kita kembali kepadanya, mengalami kasih dan pengampunan dari-Nya. Biarlah hidup kita pun juga akhirnya boleh di pakai oleh Tuhan, untuk mampu membawa semakin banyak orang mengalami kasih-Nya, agar semakin banyak orang boleh mengalami keselamatan dalam kasih Yesus Tuhan kita.

Semoga cinta Hati Kudus Yesus yang selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, memampukan kita untuk terus berjuang dengan semangat suka cita menjadi semakin berkenan kepada-Nya. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA PERSIAPAN⁣ PERSEMBAHAN: 

Allah Bapa di surga, sehatkanlah kami berkat roti anggur ini dan jadikanlah kami pengikut Yesus yang setia. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami.⁣

ANTIFON KOMUNI – Markus 2:14⁣

Yesus berkata kepada Lewi, “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Lewi dan mengikuti Yesus.⁣

DOA PENUTUP⁣: 

Marilah berdoa: Allah Bapa di surga, kami bersyukur atas daya cinta kasih, yang mendatangkan kesehatan pada diri Yesus Putra-Mu. Kami mohon, semoga kami Kaulimpahi daya itu, agar dunia menemukan kedamaian. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

DOWNLOAD AUDIO RESI: