Senin, 21 November 2022 – Peringatan Wajib SP. Maria Dipersembahkan kepada Allah

Posted on
Br. ANdreas Gatot Yudoanggono SCJ SCJ dari Rumah SCJ Cipinang Cempedak Jakarta Timur Indonesia
Br. ANdreas Gatot Yudoanggono SCJ SCJ dari Rumah SCJ Cipinang Cempedak Jakarta Timur Indonesia

 

 

 

AUDIO RESI:


https://resi.dehonian.or.id/wp-content/uploads/2022/11/Resi-Senin-21-November-2022-oleh-Br.-ANdreas-Gatot-Yudoanggono-SCJ-SCJ-dari-Rumah-SCJ-Cipinang-Cempedak-Jakarta-Timur-Indonesia.mp3

ANTIFON PEMBUKA – lih. Ydt 13:23-25

Terberkatilah engkau, Perawan Maria, oleh Allah yang mahatinggi, melebihi semua wanita. Namamu diharumkan oleh Tuhan dan dimasyurkan orang senantiasa.

KATA PENGANTAR:

Bahwa orang tua Santa Perawan Maria mempersembahkannya di kenisah sebagai tanda kesediaan pengabdian kepada Tuhan, tidak disebutkan sedikit pun dalam Kitab Suci. Tetapi dalam kenyataan hidupnya tiada orang yang melebihi dia dalam pengabdian kepada Tuhan. Ketika Malaikat Gabriel menghadap dia, ia sudah mempunyai rencana sendiri akan diperistri oleh seorang tukang kayu. Tetapi tiba-tiba dihadapkan kepada suatu pilihan. Jawabannya penuh iman, “jadilah padaku sesuai perkataanmu itu.”

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa, sumber rahmat dan kurnia, peringatan Santa Perawan Maria kami rayakan. Semoga berkat doa dan permohonannya kami dipernuhi dengan rahmat-Mu. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Wahyu 14:1-3.4b-5

“Pada dahi mereka tertulis nama Anak Domba dan nama Bapa-Nya.”

Aku, Yohanes, melihat. Sungguh, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang. Pada dahi mereka itu tertulis nama Anak Domba dan nama Bapa-Nya. Lalu aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu bunyinya seperti permainan kecapi. Seratus empat puluh empat ribu orang itu menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk serta tua-tua. Tidak seorang pun dapat mempelajari nyanyian itu selain keseratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi. Merekalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai kurban-kurban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba. Dan di dalam mulut mereka tiada terdapat dusta. Mereka tidak bercela.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 24:1-2. 3-4ab. 5-6

Ref. Inilah angkatan yang mencari wajah-Mu, ya Tuhan.

  1. Milik Tuhanlah bumi dan segala isinya, jagat dan semua yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkan bumi di atas lautan, dan menegakkannya di atas sungai-sungai.
  2. Siapakah yang boleh naik ke gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan diri kepada penipuan.
  3. Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah, penyelamatnya. Itulah angkatan orang-orang yang mencari Tuhan, yang mencari wajah-Mu ya Allah Yakub.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Mat 24:42, 44) Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah, sebab Anak Manusia datang pada saat yang tidak kalian duga.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 21:1-4

“Yesus melihat seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti derma.”

Di Bait Allah, tatkala mengangkat muka, Yesus melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Maka Yesus berkata, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin itu memberi lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberikan persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberikan dari kekurangannya, bahkan ia memberikan seluruh nafkahnya.”
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Agustinus Sugiarno SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Resi Dehonian yang dicintai dan mencintai Hati Kudus Yesus.. Salam jumpa Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Rumah SCJ Cipinang Cempedak Jakarta Timur dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Senin, 21 November 2022, Peringatan Wajib SP. Maria Dipersembahkan kepada Allah. Tema Resi kita kali ini adalah: “Majas Ironi”.Marilah kita mempersiapkan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Para Sahabatku, saudari-saudara yang diksihi dan mengasihi hati Yesus.  Bacaan yang kita dengar hari ini sangat menarik namun juga sangat memprihatinkan, karena mengungkapan fakta yang terjadi bukan hanya jaman dahulu tetapi juga jaman sekarang. Tuhan sesus menyampaikan sindiran halus untuk para ahli-ahli tauran dan orang-orang kaya pada zaman itu. Nas sebelelumnya kita sudah mendengarkan bahwa para ahli tauran memperlakukan para janda dengan tidak adil, padahal Tuhan Allah memerintahkan mereka untuk memperhatikan para Janda dan orang-orang miskin. Kali ini Tuhan justru menunjukkan bahwa justru orang Janda yang mampu memberikan persembahannya yang banyak, bukan dlihat dari kuantitasnya namun kualitasnya. Lalu apa yang bis akita pelajari dari nas ini?

1. Kesulitan bukan alas an untuk tidak bisa berbagi, namun justru memberi / berbagi dalam kesulitan atau kekurangan merupakan perwujudan cinta kasih yang besar.

2. Ketulusan hati dalam memberilah yang dihargai dan di puji Tuhan. Tuhan sangat menghargai dan memuju ketulusan hati kita. Memberi atau berbuat baik tanpa harapan untuk mendapat balasan. Justri itu yang sangat dipuji dan dihargai Tuhan, percayalah justru Tuhan yang akan membalasnya.

Nah para sahabat yang terkasih, mari kita teladani sikap Janda miskin ini, kita memberi dan berbuat baik dengan ketulusan hati karena Tuhanlah yang akan membalasnya, kita juga tdak perlu kawatir dengan aneka kesulitan dan kekurangan kita, percayalah Tuhan sendiri yang akan memperhatikan kita. Semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati kita. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Tuhan memberkati. Berkah Dalem.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa maha pengasih, penuh hormat kami kenangkan Bunda Putera-Mu. Terimalah kiranya persembahan ini dan limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami, sehingga kami sendiri pun mempersembahkan diri seutuhnya kepada-Mu. Demi Kristus,…

ANTIFON KOMUNI – Luk 1:49

Besarlah perbuatan Yang Mahakuasa bagiku, dan kuduslah nama-Nya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa seluruh umat manusia, santapan surgawi telah kami terima dengan penuh rasa syukur pada peringatan Santa Perawan Maria. Maka kami mohon, perkenankanlah kami kelak mengambil bagian dalam perjamuan abadi di surga. Demi Kristus, … 

DOWNLOAD AUDIO RESI:

Resi-Senin 21 November 2022 oleh Br. ANdreas Gatot Yudoanggono SCJ SCJ dari Rumah SCJ Cipinang Cempedak Jakarta Timur IndonesiaUnduh