Kamis, 06 Oktober 2022 – Hari Biasa Pekan XXVII

Posted on

Rm. Rafael Sudibyo SCJ dari Komunitas SCJ Paroki St.Theresia Jambi – Indonesia AUDIO RESI: https://resi.dehonian.or.id/wp-content/uploads/2022/10/Resi-Kamis-06-Oktober-2022-oleh-Rm.-Rafael-Sudibyo-SCJ-dari-Komunitas-SCJ-Paroki-St.Theresia-Jambi-Indonesia.mp3 ANTIFON PEMBUKA – Lukas 11:13

Jika kalian yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu disurga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapa pun, yang meminta kepada-Nya.

PENGANTAR: ‘Bila seorang bapak memberi hadiah anaknya, betapa pula Bapa di surga akan memberi anaknya hadiah yang bagus.’ Demikianlah jawaban Yesus yang kita inginkan. Namun, Yesus malahan membicarakan Roh Kudus yang akan diberikan. Kita sebut hadiah-hadiah lain itu baik. Roh Kudus bagi kita kurang mengena! Bukankah mengherankan kalau hidup kita lalu kandas? ‘Utuslah Roh-Mu dan jadikan baru seluruh muka bumi.’

DOA PEMBUKA: Marilah bedoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, Engkau akan mencurahkan Roh Kudus kepada siapa saja yang memohon-Nya. Semoga jangan sampai kami ditolak bila kami datang menghadap, tetapi berkenanlah menerima kami, karena sangat memerlukan kasih setia-Mu. Demi Yesus Kristus Putra-Mu

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia 3:1-5

“Adakah kalian menerima Roh karena melakukan hukum atau karena percaya akan pewartaan Injil?”

Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah memesona kalian? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan jelas di depanmu? Hanya ini yang ingin kuketahui dari padamu: Adakah kalian menerima Roh karena melakukan hukum Taurat? Atau karena percaya akan pewartaan Injil? Adakah kalian sebodoh itu? Kalian telah mulai dengan Roh, maukah kalian sekarang mengakhirinya dalam daging? Sia-siakah semua yang telah kalian alami sebanyak itu? Masakah sia-sia! Jadi bagaimana sekarang? Tuhan telah menganugerahi kalian Roh dengan berlimpah-limpah dan Ia telah melakukan mukjizat di antara kalian; adakah Ia berbuat demikian karena kalian melakukan hukum Taurat, atau karena kalian percaya akan pewartaan Injil? Demikianlah sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah.

KIDUNG TANGGAPAN: Luk 1:69-70.71-72.73-75

Ref. Terpujilah Tuhan Allah Israel, sebab Ia mengunjungi umat-Nya.

  1. Tuhan menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya; seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus.
  2. Ia melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus.
  3. Sumpah telah diucapkan-Nya kepada Abraham bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita supaya kita terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita.

BAIT PENGANTAR INJIL: U : Alleluya S : (Kis 16:14b) Tuhan, bukalah hati kami, supaya kami memperhatikan sabda Anak-Mu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 11:5-13

“Mintalah, maka kalian akan diberi.”

Pada waktu itu, sesudah mengajar para murid berdoa, Yesus bersabda kepada mereka, “Jika di antara kalian ada yang tengah malam pergi ke rumah seorang sahabat dan berkata kepadanya, ‘Saudara, pinjamilah aku tiga buah roti, sebab seorang sahabatku dalam perjalanan singgah di rumahku, dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya’, masakah ia yang di dalam rumah itu akan menjawab, ‘Jangan mengganggu aku; pintu sudah tertutup, dan aku serta anak-anakku sudah tidur. Aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepadamu’. Aku berkata kepadamu: Sekalipun dia tidak mau bangun dan tidak mau memberikan sesuatu meskipun ia itu sahabatnya, namun karena sikap sahabatnya yang tidak malu-malu itu, pasti ia akan bangun dan memberikan apa yang dia perlukan. Oleh karena itu Aku berkata kepadamu, mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, akan menerima; setiap orang yang mencari, akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, akan dibukakan pintu. Bapa manakah di antara kalian, yang memberi anaknya sebuah batu, kalau anak itu minta roti? Atau seekor ular, kalau anaknya minta ikan? Atau kalajengking, kalau yang diminta telur? Jika kalian yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapa pun yang meminta kepada-Nya.”

Demikianlah Sabda Tuhan U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Rafael Sudibyo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar Resi Dehonian yang terkasih, selamat berjumpa kembali dengan saya, Rm. Rafael Sudibyo, SCJ, dari komunitas Paroki St. Teresia Jambi, dalam resi – renungan singkat dehonian, edisi hari Kamis, pekan biasa ke XXVII, Kamis 6 Oktober 2022. Marilah kita mendengarkan sabda Tuhan; Pembacaan dari Injil Suci, menurut Lukas (Luk 11:5-13)

Para pendengar resi dehonian yang terkasih, Injil yang kita dengar pada hari ini, melanjutkan dari permenungan Yesus mengenai Doa. Yesus menggunakan perumpaan tentang seorang yang datang ke rumah sahabatnya pada tengah malam untuk meminta roti. Seseorang itu tidak akan pergi dari rumah sahabatnya, sampai ia mendapatkan apa yang diinginkannya. Artinya bahwa, Ketika kita sedang berdoa, dan kita merasa bahwa doa kita itu belum dikabulkan oleh Allah, maka kita akan terus menerus mendoakan permohonan kit aitu, sampai kita merasa Allah benar-benar mengabulkan doa kita.

Kadangkala kita berpikir, kalau doa yang kita panjatkan belum dikabulkan berarti Allah itu sedang sibuk dengan urusan yang lain, atau kita berpikir bahwa Allah itu tidak cukup peduli dengan kita? Kalau kita sampai berpikir seperti itu, berarti iman kita kepada Allah masih dangkal. Allah bukan melalaikan kita, atau melalaikan doa-doa kita, namun Allah ingin agar kita menunggu, karena Allah mengetahui bagaimana ketekunan dapat mengubah iman kita semakin mendalam.

Dalam contoh lain Yesus bertanya apakah seorang ayah akan memberi anaknya ular sebagai ganti ikan atau kalajengking sebagai ganti telur. Jika seorang ayah yang jahat saja, tau bagaimana memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bagaimana juga dengan Allah Bapa, yang pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita semua.

Tentu saja, sebuah pertanyaan yang sangat relevan muncul di benak kita: jika Tuhan adalah orang tua yang penuh kasih dan perhatian, yang hanya akan memberikan hal-hal yang “baik” kepada kita, mengapa kita harus terus meminta?  Kita harus mengetok? Alasannya bukan karena Tuhan perlu dibujuk (seperti seseorang yang datang ke rumah sahabatnya) akan tetapi supaya relasi kita kepada Allah Bapa semakin mendalam. Maka dari itu, kita harus yakin akan iman kita, kita percaya bahwa Allah akan mengabulkan setiap permohonan kita, kalau kita memohon dengan sepenuh hati.

Semoga Hati Kudus Yesus merajai hati kita. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN: Allah Bapa kami yang mahabaik, Engkau menghendaki melimpahkan anugerah yang paling agung, ialah Roh Kudus sendiri. Semoga kami bersedia menerima Dia dalam roti anggur kudus ini. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

ANTIFON KOMUNI – Lukas 11:13 Jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu di surga. Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapa saja yang meminta-Nya.

DOA SESUDAH KOMUNI: Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, Engkau berkenan memberi rezeki, bahkan Roh Kudus, bila kami memohonnya. Engkau memperkenankan pula kami mencicipi menikmati tanah perjanjian dalam diri Yesus Putra-Mu. Semoga tingkah laku kami ditandai rasa syukur kepada-Mu. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: Resi-Kamis 06 Oktober 2022 oleh Rm. Rafael Sudibyo SCJ dari Komunitas SCJ Paroki St.Theresia Jambi – IndonesiaUnduh

Dehonian Schools in Indonesia Salah satu karya Dehonian Indonesia adalah pendidikan. Perhatian kepada dunia pendidikan sesuai dengan perhatian sekaligus keprihatinan Pater Pendiri SCJ, Pater Leo Dehon SCJ pada saat itu, yaitu mendirikan Kolose St. Yohanes (15 Agustus 1877 di Saint Quentin Perancis. Dehonian Indonesia di bawah naungan Yayasan Pendidikan Katolik Leo Dehon (YPKLD) juga mengelola sekolah, yaitu Sekolah St. Antonius di Jakarta Timur dan Sekolah Yos Sudarso di Metro Lampung Tengah. Kedua sekolah ini menjadi bagian dari Dehonian Schools yang ada di seluruh dunia yang berjumlah sekitar 50 sekolah (dari tingkat Taman-kanak-kanak sampai perguruan tinggi). Sekolah St. Antonius Jakarta terdiri dari jenjang SD, SMP, dan SMA, sedangkan sekolah Yos Sudarso Metro Lampung terdiri dari jenjang SMP dan SMA. Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini (2022) serentak dibuka tanggal 01 Oktober 2022. Bagi Saudari-saudara yang berminat untuk mendaftarkan diri atau anak Anda silahkan menghubungi Sekolah Kami.

1. SD St. Antonius Jakarta Timur

2. SMP St. Antonius Jakarta Timur

3. SMA St. Antonius Jakarta Timur

4. SMP Yos Sudarso Metro-Lampung

5. SMA Yos Sudarso Metro-Lampung ASRAMA PENDUKUNG UNTUK SMP DAN SMA YOS SUDARSO MERTO Sekolah Yos Sudarso juga membuka Asrama baik Putra maupun Putri. Untuk Asrama Putra yaitu Asrama Leo Dehon Metro dikelola oleh para Dehonian (SCJ) sedangkan Asrama Putri, yaitu Asrama Boromea dikelola oleh para Suster HK dan Asrama St. Maria dikelola oleh para Suster FSGM.

1. Asrama Putra Leo Dehon Metro

Alamat: Jl. Semeru No.55, Yosorejo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34111 Pemimpin Asrama:

  1. Rm. Antonius Effendi SCJ    telp: 0812-7886-7954
  2.  Rm. Bonifasius Juspani Lase SCJ telp: 0812-1826-9120

2. Asrama Putri St. Maria Metro

Alamat: Jl.Sosrosudarmo No.2, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34124

Pemimpin Asrama:

  1. Sr. M. Athanasia FSGM  telp. 0821-8504-6884

3. Asrama Putri Boromea Metro

Alamat: Jl. Krakatau, Yosorejo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34124

Pendamping Asrama:

1. Sr. Martina HK  telp. 0815-4082-7293

2. Sr. Cornelia HK telp. 0812-2751-8492

3. Sr. Olivia HK