Rabu, 14 September 2022 – Pesta Salib Suci

Posted on

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ St. Gregorius Agung Jambi – Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA:

Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.

PENGANTAR:

Tiada tanda, tiada lambang, yang terjalin erat dengan kehidupan umat beriman selain tanda salib. Itulah tanda yang dibuat seorang kanak-kanak pada awal hidupnya dan itulah pula tanda yang menutup kehidupan seseorang. Mula-mula merupakan tanda aib, hina dan kematian, tetapi kemudian menjadi tanda iman, harapan dan cinta kasih. Dengan salib itulah Yesus mematahkan kuasa maut dan dosa. Di balik kegelapan salib bersinarlah cahaya Paska bagi kita.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahamulia, menurut rencana penyelamatan umat manusia Engkau menghendaki Putera-Mu terkasih menanggung derita dan wafat di salib. Semoga kami di dunia mengakui karya-Nya yang mulia dan kelak di surge menikmati ganjaran penebusan-Nya. Sebab Dialah, ..

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Bilangan 21:4-9

“Semua orang yang terpagut ular akan tetap hidup, bila memandang ular perunggu.”

Ketika umat Israel berangkat dari Gunung Hor, mereka berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom. Bangsa itu tidak dapat menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa, “Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air! Kami telah muak akan makanan hambar ini!” Lalu Tuhan menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel itu mati. Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata, “Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan Tuhan dan engkau; berdoalah kepada Tuhan, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami.” Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa, “Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut ular, jika ia memandangnya, akan tetap hidup.” Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang. Maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 78:1-2.34-35.36-37.38

Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan

  1. Dengarkanlah pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. Aku mau membuka mulut untuk mengatakan Amsal, aku mau menuturkan hikmat dari zaman purbakala.

  2. Ketika Allah membunuh mereka, maka mereka mencari Dia; mereka berbalik dan mendambakan Allah; mereka teringat bahwa Allah adalah Gunung Batu , bahwa Allah yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.

  3. Tetapi mulut mereka tidak dapat dipercaya, dan dengan lidah mereka membohongi Allah. Hati mereka tidak berpaut pada-Nya, dan mereka tidak setia pada perjanjian-Nya.

  4. Akan tetapi Allah itu penyayang! Ia mengampuni kesalahan mereka dan tidak memusnahkan mereka; banyak kali Ia menahan amarah-Nya, dan tidak melampiaskan keberangan-Nya.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi 2:6-11

“Yesus merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia.”

Saudara-saudara, Yesus Kristus, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Sebaliknya Ia telah mengosongkan diri, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai wafat, bahkan sampai wafat di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia, dan menganugerahkan-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuklututlah segala yang ada di langit, dan yang ada di atas serta di bawah bumi, dan bagi kemuliaan Allah Bapa segala lidah mengakui, “Yesus Kristus adalah Tuhan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Alleluya, alleluya, alleluya
S : Ya Kristus, kami menyembah dan memuji Dikau, sebab dengan salib-Mu, Engkau telah menebus dunia.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 3:13-17

“Anak manusia harus ditinggikan.”

Dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.”

Drmikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dari Komunitas SCJ di Hongkong, dalam RESI, edisi Rabu 14 September 2022. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia.

Tema renungan kita pada hari ini bertepatan dengan Pesta Salib Suci, adalah: “ Barang siapa percaya kepada-Nya, beroleh hidup yang kekal”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Yohanes 3:13-17.

Para pendengar RESI yang terkasih, bacaan Injil hari ini yang bertepatan dengan Pesta Salib Suci, mengajak kita untuk semakin mampu membatinkan makna salib dalam kehidupan kita. Pada saat Yesus di salibkan, pada saat yang sama terpancar kasih Allah yang begitu besar, yang telah merelakan dan memberikan putera-Nya, untuk keselamatan kita, manusia yang berdosa ini. Pada saat Yesus di salibkan, di kisahkan ketika orang banyak melihat Yesus yang tergantung di kayu salib, banyak di antara mereka yang kemudian percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan penyelamat. Salib menjadi jalan pengenalan dan iman kepada Yesus, bagi semua manusia yang percaya kepada-Nya.

Bagi kita orang beriman, salib bukanlah akhir dari perjalanan hidup kita. Salib menjadi jalan bagi kita untuk bisa mengalami kasih hati Tuhan Yesus yang begitu besar, yang telah rela memanggul salib, kelemahan dan kedosaan kita, agar kita yang percaya kepada-Nya, oleh bilur-bilur-Nya  beroleh jalan kepada keselamatan.

Kita masing-masing pasti memiliki salib kehidupan yang kita pikul, baik kecil ataupun besar, sebagai konskuensi dari pilihan kita menjadi pengkikut Yesus. Kita tidak meminta salib, namun dalam kehidupan kita, kita di tantang untuk berani memanggul salib yang datang dalam hidup kita, bukan sebaliknya menyerah dan putus asa, meninggalkan iman kita.

Bila kita setia memanggul salib kita, dalam dan bersama Tuhan Yesus, kita percaya bahwa kitapun akan boleh mengalami kebangkitan bersama Yesus dalam kehidupan kita. Kristus yang telah menang dan mengalahkan kuasa salib, kelemahan dan dosa, Kristus pula yang akan memberikan kita kebahagiaan sejati kepada kita,

Para pendengar Resi yang terkasih, marilah kita mohon rahmat iman, agar kita selalu boleh merasakan kasih Allah, kekuatan dan penyertaan-Nya dalam setiap peristiwa hidup kita, terutama pada saat kita harus memanggul salib hidup kita, sehingga kita boleh didapati tetap setia, mengalami kemenangan di dalam Dia, yang menyelamatkan kita.

Semoga cinta Hati Kudus Yesus, terus bertumbuh dalam hidup kita, selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, dan membuka jalan bagi kita, untuk dapat selalu setia mengimani-Nya dalam setiap kisah hidup kita. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA UMAT:

I : Marilah kita panjatkan doa kepada Allah Bapa kita dengan perantaraan Yesus Kristus yang tersalib, tetapi telah bangkit jaya:

L : Bagi Gereja Kristus: Ya Bapa, bimbinglah dan tuntunlah selalu Gereja-Mu agar selalu berjuang untuk mengikuti salib suci Putra-Mu dengan terus-menerus memperbarui diri. Marilah kita mohon, …

L : Bagi mereka yang hidupnya belum terarah: Ya Bapa, tuntunlah mereka yang masih mencari arah hidupnya sehingga menemukan Kristus sebagai jalan, kebenaran, dan kehidupan. Marilah kita mohon, …

L : Bagi mereka yang tidak mempunyai teman atau terkurung dalam diri mereka sendiri: Ya Bapa, terangilah mereka yang selalu menutup diri sehingga mulai berani membuka hati bagi persahabatan Kristus, yang akan memampukan mereka untuk terbuka bagi orang lain. Marilah kita mohon, …

L : Bagi diri kita sendiri: Ya Bapa, ajarilah kami untuk setia belajar dari Putera-Mu, Yesus, dalam memikul salib-salib kami dengan dengan sabar dan rendah hati; semoga salib-salib itu membawa hidup bagi kami sendiri serta sesama kami. Marilah kita mohon, …

I : Ya Bapa yang mahabaik, kami takkan pernah mampu menyelami misteri salib Kristus. Dengarkanlah doa kami, yang merupakan ungkapan sederhana untuk ikut serta mendatangkan kerajaan-Mu di dunia. Demi Kristus, …

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa, sumber keselamatan kami, semoga persembahan yang kami unjukkan ini menhapus dosa-dosa kami. Sebab dosa seluruh dunia telah diampuni berkat penebusan di salib. Demi Kristus, …

ANTIFON KOMUNI:

Tuhan bersabda, “apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.”

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Tuhan Yesus Kristus, Penyelamat kami, Engkau sudah memberikan kepada kami segala yang diperlukan, agar semua orang dapat memperoleh kehidupan sejati. Engkau telah membebaskan kami dari dosa dan maut berkat wafat-Mu di kayu salib. Kami mohon, bimbinglah kami senantiasa di jalan menuju kebahagiaan kebangkitan. Engkau yang hidup …

DOWNLOAD AUDIO RESI: