Selasa, 30 Agustus 2022 – Hari Biasa Pekan XXII

Posted on

Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia

 

 

 

AUDIO RESI:


https://resi.dehonian.or.id/wp-content/uploads/2022/08/Resi-Selasa-30-Agustus-2022-oleh-Rm.-FX-Joko-Susilo-SCJ-dari-Komunitas-SCJ-Bogota-–-Kolombia.mp3

ANTIFON PEMBUKAAN – Mazmur 145:8-9

Tuhan itu pengasih dan penyayang panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

PENGANTAR

Banyak orang yang hidupnya serba sempit dan mendatar. Hanya yang lahiriah saja yang dipandangnya. Orang-orang demikian itu disebut Paulus manusia duniawi. Roh Yesus yang membimbing kita mendorong kita melihat lebih dalam. Kita akan berwibawa seperti Yesus. Bukan karena kita tahu segalanya, tetapi karena mampu memberi inspirasi.

DOA PEMBUKA

Marilah bedoa: Allah Bapa, sumber kehidupan, Engkau mengenal manusia dan menyelami lubuk hatinya, Berilah kiranya kami sabda pengharapan melalui Yesus Putra-Mu terkasih, yang hendak mempererat hubungan kami dengan Dikau, sumber kehidupan kami. Sebab Dialah Tuhan, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus 2:10b-16

“Manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah; manusia rohani menilai segala sesuatu.”

Saudara-saudara, Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pula tiada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menjelaskan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berbicara tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang diajarkan kepada kami bukan oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu adalah suatu kebodohan. Ia tidak dapat pula memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. Sebab manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. Sebab, “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kita memiliki pikiran Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 145:8-9.10-11.12-13ab.13cd-14

Ref. Segala bangsa bertepuk tanganlah, berpekiklah untuk Allah raja semesta.
atau Tuhan itu adil dalam segala tindakan-Nya.

  1. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
  2. Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  3. Untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu. Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan.
  4. Tuhan setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Tuhan itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Luk 7:16; 2/4) Seorang nabi besar telah muncul di tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 4:31-37

“Aku tahu siapa Engkau: Engkau Yang Kudus dari Allah.”

OTORITAS DAN KUASA TUHAN ALLAH – Renungan Harian Katolik

Sekali peristiwa Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea. Di situ Ia mengajar pada hari-hari Sabat. Orang-orang takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan. Ia berteriak dengan suara keras, “Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Engkaulah Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardik dia, kata-Nya, “Diam, keluarlah dari padanya!” Maka setan menghempaskan orang itu ke tengah orang-orang banyak, lalu keluar dari padanya, dan sama sekali tidak menyakitinya. Semua orang takjub, dan berkata satu sama lain, “Alangkah hebatnya perkataan ini! Dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat, dan mereka pun keluar.” Maka tersiarlah berita tentang Yesus ke mana-mana di daerah itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. FX. Joko Susilo SCJ

Vivat Cor Iesu per Per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Saudara-saudariku yang terkasih. Suatu ketika seorang imam misionaris membagikan pengalaman peneguhan yang dialaminya. Imam  misionaris ini ketika baru ditugaskan di tempat misi dan belajar bahasa setempat, dan kemudian merayakan Ekaristi dan memberikan homili dalam bahasa setempat. Imam ini agak terkejut bahwa setelah misa selesai ada beberapa umat yang melanjutkan dengan penerimaan sakramen tobat karena tersentuh dengan homili imam tersebut. Sungguh, bahasa yang dipahami dan disampaikan membawa ‘kuasanya’ (kesan dan pesan) tersendiri bagi siapa saja. Seorang tokoh besar Nelson Mandela pernah mengatakan tentang pentingnya bahasa, “Jika Anda berbicara dengan seseorang dalam bahasa yang dia mengerti, itu akan masuk ke kepalanya. Jika Anda berbicara dengannya dalam bahasanya, itu masuk ke hatinya.”

Saudara-saudariku yang terkasih. Dalam Injil hari ini, Yesus dikisahkan sebagai pribadi yang perkataan-Nya penuh kuasa. Dalam penyampaian pengajaran-Nya memberi kesan mendalam bagi orang-orang di sekitarnya, “Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa.” Perkataan Yesus tidak hanya membuat orang takjub melainkan juga punya kuasa menyembuhkan. Dalam Injil ini itu nampak dalam kisah penyembuhan orang yang kerasukan setan. Dalam pengalaman imam misionaris tadi kita bisa melihat karya sabda Yesus dalam diri seorang pribadi, bahwa Allah bekerja dalam keterbatasan, dan kuasa Allah dalam sabda-Nya itu menyentuh hati dan menghidupkan iman umat untuk semakin menimba berkah dari Allah.

Saudara-saudariku yang terkasih. Semoga sabda Tuhan hari ini menguduskan kita, keluarga kita dan segenap karya kita hari ini. Berkat Allah yang Maharamim melimpah kepada kita,  +Bapa, Putera dan Roh Kudus.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa, sumber kebijaksanaan, perkenankanlah kami semakin memahami kegilaan salib, yang sebenarnya merupakan kebijaksanaan hidup di dunia ini. Demi Kristus ….

ANTIFON KOMUNI – Mazmur 145:13

Tuhan itu setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa mahasetia, kami bersyukur, karena telah menerima Roh-Mu berkat sabda Putra-Mu. Semoga semua orang dapat ikut merasakan terlaksananya janji kesanggupan-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

Resi-Selasa 30 Agustus 2022 oleh Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Bogotá – KolombiaUnduh