Rabu, 24 Agustus 2022 – Pesta St. Bartolomeus, Rasul

Posted on

Rm. Finsentius Ari Setiono SCJ dari Komunitas SCJ Pasangsurut Palembang – Indonesia

 

 

 

 

AUDIO RESI:


https://resi.dehonian.or.id/wp-content/uploads/2022/08/Resi-Rabu-24-Agustus-2022-oleh-Rm.-Finsentius-Ari-Setiono-SCJ-dari-Komunitas-SCJ-Pasangsurut-Palembang-Indonesia.mp3

ANTIFON PEMBUKA – Mzm 96:2-3

Maklumkanlah keselamatan karya Tuhan hari demi hari. Wartakanlah kemuliaan-Nya di antara para bangsa.

PENGANTAR: 

“Inilah orang Israel sejati, yang tidak mengenal semu”, demikianlah Yesus melukiskan Bartolomeus atau Natanael.  Orangnya serius dan hati-hati, tidak mudah terpengaruh oleh kasak-kusuk. Ketika Yesus berpengaruh luas di tengah rakyat, ia tidak begitu saja terbawa arus. Ia waspada dan memutuskan sendiri. Tetapi ketika ternyata Yesus mengenal dia seutuhnya, maka barulah ia mengikuti Yesus dan secara total pula. Segalanya ditinggalkannya.

DOA PEMBUKA : 

Marilah berdoa: Allah Bapa, Raja mahamulia, penyelamat manusia, teguhkanlah iman di dalam diri kami. Dengan iman itu Rasul Bartolomeus sudah terpaut pada Kristus dengan hati tulus ikhlas. Semoga berkat doanya Gereja-Mu menjadi tanda dan saluran keselamatan untuk segala bangsa. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Wahyu 21:9b-14

“Tembok kota kudus dibangun atas dua belas batu dasar.”

Aku, Yohanes, mendengar seorang malaikat berkata kepadaku, “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.” Lalu, di dalam roh aku dibawanya ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi, dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus, Yerusalem, turun dari surga, dari Allah. Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah, dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal. Temboknya besar lagi tinggi, pintu gerbangnya dua belas buah. Di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat, dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel. Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang, di sebelah utara tiga pintu gerbang, di sebelah selatan tiga pintu gerbang, dan di sebelah barat tiga pintu gerbang. Tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar, dan di atasnya tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 145:10-11.12-13b.17-18

Ref.Para kudus-Mu, ya Tuhan, memaklumkan Kerajaan-Mu yang semarak mulia.

  1. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  2. Mereka memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.
  3. Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

Bait Pengantar Injil

U : Alleluya
S : (Yoh 1:49b) Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 1:45-51

“Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Sekali peristiwa Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya, “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya, Mari dan lihatlah!” Melihat Natanael datang kepada-Nya, Yesus berkata tentang dia, “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada Yesus, “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya, “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya, “Karena Aku berkata kepadamu ‘Aku melihat engkau di bawah pohon ara’, maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan engkau lihat!” Lalu kata Yesus kepadanya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH: Rm. Finsentius Ari Setiono SCJ 

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Resi Dehonian dimanapun berada, jumpa lagi bersama saya Rm. Finsentius Ari Setiono SCJ dari Pasang Surut dalam ReSi (renungan Singkat) Edisi Rabu, 24 Agustus 2022 dalam Pesta Santo Bartolomeus, Rasul. Mari sekarang kita siapkan hati untuk mendengarkan bacaan Injil pada hari ini dari Injil Yohanes 1:45-51.

Saudara-saudari sahabat ReSi Dehonian yang terkasih, pada kesempatan hari ini kita bersama seluruh Gereja merayakan Pesta Santo Bartolomeus, seorang rasul Yesus. Nama Bartolomeus ini dapat kita temukan di Injil sinoptik, dan di Injil Yohanes lebih diidentifikasikan sebagai Natanael. Ia adalah seorang dari dua belas rasul yang dipanggil oleh Yesus sendiri. Kisah panggilan pertamanya diawali dengan ajakan dari orang lain, yaitu dari Filipus. Meskipun ajakan Filipus awalnya tidak terlalu menarik baginya, toh ia kemudian tetap mengikuti Filipus untuk menemui Yesus. Bisa jadi Natanael merasa penasaran dengan apa yang disampaikan oleh Filipus kepadanya.

Perjumpaan Bartolomeus dengan Yesus ini membuatnya berfikir ulang dalam melihat siapakah Yesus Itu. Awal pemikirannya berubah yang sebelumnya sedikit meremehkan menjadi sebuah kepercayaan yang menguatkan. Pengalam perjumpaan dengan Yesus itu membuat pemikirannya terbuka hanya karena sebuah pujian dan penglihatan Yesus. Sepertinya memang terlihat seperti pengalaman yang sangat kecil yang membuat Natanael kemudian berbalik dan mengikuti serta mempertahankan kepercayaannya kepada Yesus sampai menyerahkan seluruh hidupnya.

Pengalaman kecil yang seperti dialami oleh Natanael itu mungkin juga sering kali kita alami di kehidupan kita sehari-hari. Pengalama-pengalaman yang kita alami, yang kita percayai sebagai pengalaman iman dan yang dapat mengubah hidup kita mungkin dimata orang bukanlah pengalaman yang sangat mengagumkan atau sebuah pengalaman yang luarbiasa. Hal semacam itu tidaklah menjadi masalah yang berarti jika kita ingin benar-benar mengikuti Yesus. Kita juga harus percaya, bahwa sekecil apapun pengalaman yang mengubah hidup kita menjadi lebih baik, merupakan capur tangan Allah yang ingin menjamah kita. Lebih dari itu, bisa jadi diri kita yang mungkin bukan siapa-siapa dapat menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyapa saudara-saudari kita yang mungkin hanya membutuhkan pengalaman yang sederhana. Maka marilah kita bersama-sama bersyukur atas pengalaman-pengalaman iman yang mungkin sudah menyentuh dan mengubah hidup kita, sembari juga berusaha menjadi tempat bagi sesama kita yang lain untuk menemukan secuil pengalaman iman akan Allah itu. Tuhan memberkati kita.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa, pelindung umat beriman, pada pesta Rasul Bartolomeus kami mempersembahkan pujian kepada-Mu untuk menghormatinya. Semoga berkat doa restunya kami Kauanugerahi bantuan-Mu. Demi Kristus, …

ANTIFON KOMUNI:

Kepada kalian Kuwariskan kerajaan-Ku, seperti telah diwariskan kepada-Ku oleh Bapa, supaya kalian makan minum semeja dengan Daku di dalam kerajaan-Ku kelak.

DOA PENUTUP:

Marilah berdoa: Allah Bapa, naungan kami, jaminan keselamatan abadi telah kami terima pada pesta Rasul Bartolomeus. Semoga santapan suci ini menolong kami baik untuk hdiup yang sekarang maupun untuk hidup yang akan datang. Demi Kristus, …

DOWNLOAD RESI DEHONIAN: 

Resi-Rabu 24 Agustus 2022 oleh Rm. Finsentius Ari Setiono SCJ dari Komunitas SCJ Pasangsurut Palembang – IndonesiaUnduh