Kamis, 14 Juli 2022 – Hari Biasa Pekan XV

Posted on

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ St. Gregorius Agung Jambi – Indonesia

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mt. 11:29Terimalah bebanku dan belajarlah dari padaKu, sebab Aku ini lemah lembut dan rendah hati. maka hatimu akan tenang.PENGANTARSuatu doa bagus disajikan dalam bacaan pertama. Doa demikian mengandaikan iman mendalam. Kuk cinta kasih Yesus itu lembut dan bebannya ringan. Kita mengira harus merin-tis jalan sendiri. Tetapi Yesuslah yang meratakan jalan bagi orang benar. Semoga dalam perayaan Ekaristi hari ini kita dapat menikmati hubungan mesra dengan Allah dan dengan sesama satu sama lain.DOA PEMBUKA:Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahakuasa, ketika manusia menderita sengsara dan sakit, Engkaulah yang menyampaikan sabda pembebasan serta pengharapan melalui Yesus PuteraMu. Semoga kami dapat mengalami dan menikmati pemeliharaanMu yang besar dalam segala usaha kami. Demi Yesus Kristus, …..

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Yesaya 26:7-9.12.16-19

“Hai kalian yang sudah dikubur dalam tanah, bangkitlah dan bersorak-sorailah.”

Pada suatu waktu kidung berikut akan dinyanyikan di tanah Yehuda, “Ya Tuhan, Engkau merintis jalan lurus bagi orang benar. Kami juga menanti-nantikan saat Engkau menjalankan penghakiman. Kesukaan kami ialah menyebut nama-Mu dan mengingat Engkau. Dengan segenap jiwa aku merindukan Dikau pada waktu malam, dan dengan sepenuh hati aku mencari Engkau pada waktu pagi. Sebab apabila Engkau datang menghakimi bumi, maka penduduk dunia akan belajar apa yang benar. Ya Tuhan, Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami. Ya Tuhan, dalam kesesakan mereka mencari Engkau. Ketika hajaran-Mu menimpa mereka, mereka mengeluh dalam doa. Seperti wanita yang mengandung dan sudah dekat waktunya melahirkan, menggeliat sakit dan mengerang karena sakit beranak, demikianlah tadinya keadaan kami di hadapan-Mu, ya Tuhan. Kami mengandung, kami menggeliat sakit, tetapi seakan-akan hanya melahirkan angin. Kami tidak dapat mengadakan keselamatan di bumi, dan tiada lahir penduduk dunia. Ya Tuhan, orang-orang-Mu yang telah mati akan hidup kembali, mayat-mayat mereka akan bangkit lagi. Hai kalian yang sudah dikubur dalam tanah, bangkit dan bersorak sorailah! Sebab embun Tuhan ialah embun terang dan bumi akan melahirkan arwah kembali.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 102:13-14ab.15.16-18.19-21

Ref. Tuhan memandang ke bumi dari surga.

  1. Engkau, ya Tuhan, bersemayam untuk selama-lamanya, dan nama-Mu lestari turun temurun. Engkau sendiri akan bangun, akan menyayangi Sion, sebab sudah waktunya untuk mengasihaninya. Sebab hamba-hamba-Mu sayang kepada batu-batunya, dan merasa kasihan akan debunya.
  2. Maka bangsa-bangsa menjadi takut akan nama Tuhan, dan semua raja bumi menyegani kemuliaan-Mu, bila Engkau sudah membangun Sion, dan menampakkan diri dalam kemuliaan-Mu, bila Engkau mendengarkan doa orang-orang papa, dan tidak memandang hina doa mereka.
  3. Biarlah hal ini dituliskan bagi angkatan yang kemudian, dan bangsa yang diciptakan nanti akan memuji-muji Tuhan, sebab Ia telah memandang dari tempat-Nya yang kudus. Tuhan memandang dari surga ke bumi, untuk mendengarkan keluhan orang tahanan, dan membebaskan orang-orang yang ditentukan harus mati.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Mat 11:28) Datanglah kepada-Ku, kalian yang letih dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 11:28-30

“Aku ini lemah lembut dan rendah hati.”

Belajar pada Yesus - SMA Seminari Mertoyudan

Sekali peristiwa bersabdalah Yesus, “Datanglah kepada-Ku, kalian semua yang letih lesu dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, sebab Aku ini lemah lembut dan rendah hati. Maka hatimu akan mendapat ketenangan. Sebab enaklah kuk yang Kupasang, dan ringanlah beban-Ku.”
Demikianlah Sabda Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dalam RESI, Kamis 14 Juli 2022. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia. Tema renungan kita pada hari ini adalah: “ Datang pada Tuhan Yesus”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Matius 11:28-30.

Para pendengar RESI yang terkasih, Bacaan Injil hari ini sangat pendek, hanya beberapa ayat saja, namun meski demikian pesan yang ingin di sampaikan bagi kita bersama sangatlah mendalam.

Saya sangat terkesan dengan undangan Yesus yang di tujukan kepada saya dan anda untuk datang kepada-Nya. Tuhan Yesus mengatakan: “Datanglah kepada-Ku…”. Undangan ini mengajak kita untuk kembali ke kehidupan peribadi kita: Apakah saya sudah datang kepada Yesus…? Kapan saya datang kepada Yesus…? Seberapa seringkah saya datang kepada Yesus…? Dan tentunya masih bisa kita tambahkan aneka pertanyaaan yang lain untuk menjawab dan menanggapi undangan Yesus bagaimana kita datang kepada-Nya.

Sebagai umat beriman kita semua diundang untuk setiap saat datang kepada Tuhan Yesus yang kita imani. Saat kehidupan kita dalam situasi aman, suka cita, sukses, baik-baik saja, atau pun saat kehidupan yang kita jalani sedang dalam situasi yang tidak mudah, saat kita: “letih lesu dan berbeban berat”. Hal ini ingin menyampaikan pesan kepada kita, untuk menjadikan Yesus segalanya dalam kehidupan kita, menjadikan Yesus yang kita imani menjadi alasan dan tujuan dalam setiap gerak kehidupan kita, dalam setiap peristiwa hidup kita setiap saat. Agar kita sungguh boleh selalu mengalami hidup dalam kebersamaan dengan Tuhan Yesus, saat ini dan kini dalam tiap tarikan nafas kehidupan kita.

Para pendengar Resi yang terkasih, biarlah undangan Tuhan Yesus hari ini untuk datang kepada-Nya, mendatangkan suka cita, syukur, semangat bagi kita, sekaligus juga menggerakan kita untuk semakin berani memperbarui diri kita, agar kitapun boleh semakin bertumbuh menjadi pribadi yang bijak, dewasa dan berkenan pada-Nya. Dan mari kita mohon agar berkat Tuhan Yesus dapat terus kita wujudkan dalam tindakan kasih yang nyata dalam kehidupan kita; yang menjadikan hidup kita semakin berbuah melimpah.

Mari kita saling mendoakan dan mendukung, mendoakan  agar kita pun semakin dimampukan untuk semakin memiliki relasi yang akrab, dekat dengan Tuhan Yesus dan dengan sesama kita.

Semoga cinta Hati Kudus Yesus, terus bertumbuh dalam hidup kita, selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, dan membuka jalan bagi kita, untuk dapat selalu datang kepada-Nya. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa kami yang penyayang, lapar kami akan kedamaian semoga Kaucukupi, dan kedatangan kerajaanMu di tengah-tengah kami semoga Kaupercepat dalam diri Yesus, PuteraMu dan saudara kami se-Bapa, yang…..

ANTIFON KOMUNI – Mt. 11:28

Datanglah padaKu, kamu semua, yang letih lesu dan berbeban berat.Maka Aku akan menyegarkan kamu.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahasetia, Engkau memberikan janji kedamaian dan suka cita kepada siapa pun yang mengikuti PuteraMu.Kami mohon, perkenankanlah kami mengangkat beban kami dan dengan demikian dapat mempersiapkan kedamaian bagi sesama di sekitar kami. Demi Kristus,….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

Resi-Kamis 14 Juli 2022 oleh Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ St. Gregorius Agung Jambi – IndonesiaUnduh