Bacaan dan Renungan Harian Katolik Sabtu 2 Juli 2022

Posted on

Renungan Katolik Sabtu 2 Juli 2022

Berikut ini Bacaan dan Renungan Harian Katolik Sabtu 2 Juli 2022, Lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Bacaan Injil beserta Doa Harian.

Bacaan Pertama: Am. 9:11-15

Tuhan bersabda, “Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh. Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya.

Aku akan membangunnya kembali seperti pada zaman dahulu kala, supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang kusebut milik-Ku,” demikianlah sabda Tuhan yang melakukan hal ini.

“Sungguh, waktunya akan datang,” demikianlah sabda Tuhan, “bahwa pembajak dan penuai akan susul-menyusul, demikian juga pengirik buah anggur dan penabur benih. Gunung-gunung akan mengalirkan anggur baru, dan segala bukit akan kebanjiran.

Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel; mereka akan membangun kota-kota yang lengang dan mendiaminya. Mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya. Mereka akan membuat kebun buah-buahan dan makan buahnya.

Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka,” sabda Tuhan Allahmu.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm. 85:9,11-12,13-14

Ref. Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan.

  1. Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Allah! Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya, supaya mereka jangan kembali kepada kebodohan?
  2. Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit.
  3. Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberikan hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya dan damai akan menyusul di belakang-Nya.

Bait Pengantar Injil: PS 952

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya

Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku, sabda Tuhan. Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku.

Bacaan Injil: Mat. 9:14-17

Sekali peristiwa datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan bertanya, “Kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi mengapa murid-murid-Mu tidak?” Jawab Yesus kepada mereka, “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?

Tetapi akan tiba waktunya mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian, kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.

Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru, dan dengan demikian, terpeliharalah kedua-duanya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Sabtu 2 Juli 2022

Berikut ini Renungan Harian Katolik Sabtu 2 Juli 2022, Apa yang bisa membuat kita lengkap? Hanya Yesus yang dapat melengkapi kita, hal-hal dunia ini tidak peduli seberapa besar tidak akan pernah melengkapi kita.

Harta dan kekuatan kita tidak akan pernah melengkapi kita dan jika ini tidak ditangani dengan benar, ini bahkan dapat menghancurkan kita. Itu tidak akan pernah mengisi kerinduan kita akan Tuhan karena cinta kita akan hal-hal duniawi hanya membuat kita semakin jauh dari Tuhan.

Murid-murid Yohanes bertanya kepada Yesus: “Kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi mengapa murid-murid-Mu tidak?” Yesus menjawab mereka dengan penuh arti: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Para tamu pernikahan adalah pengikut Yesus dan mempelai laki-laki tidak lain adalah Yesus sendiri.

Sama seperti di pesta pernikahan dimana para tamu selamanya bergembira begitu juga dengan kita. Kita menjadi diperbarui, bahagia dan lengkap karena kita sudah bersama Yesus. Kita secara permanen meninggalkan setiap aspek dari diri kita yang lama yang penuh dosa dan segala sesuatu yang membuat kita berdosa.

Kita juga membuang ketakutan kita akan apa yang akan terjadi besok karena alasan sederhana bahwa kita sudah bersama Yesus. Dengan Yesus, ketakutan akan hal yang tidak diketahui secara permanen dibuang dari sistem kita, yang tersisa adalah iman kita kepada Tuhan dan penyelamat kita.

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa di surga, sumber cahaya sejati, kami bersyukur karena Engkau telah mengangkat kami dan membuat kami melihat berkat Yesus Putra-Mu terkasih.

Semoga seluruh dunia akhirnya mengakui apa yang dapat mendatangkan damai, ialah cinta kasih dan keadilan sosial, yang sangat didambakan setiap orang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Sabtu 2 Juli 2022.