Senin, 25 April 2022 – Pesta St Markus, Penulis Injil

Posted on

Rm. C. Wahyu Tri SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mrk 16:15

Pergilah ke seluruh dunia! Maklumkanlah kabar gembira kepada setiap makhluk!

PENGANTAR

Markus adalah orang kota. Ia berasal dari Yerusalem, dan kemudian menetap di Roma bersama Petrus dan Paulus. Dalam perjalanan Paulus ia menjadi salah seorang temannya. Tetapi hidup bertualang yang melelahkan tidak cocok baginya. Ia mau mewartakan Injil dengan caranya sendiri. Ditulisnya secara singkat apa yang diajarkannya dan diketahuinya tentang Yesus. Dalam Injilnya kita dapat mengenal Yesus dalam kisah-kisah sederhana yang singkat padat. Rupa-rupanya Markus meninggal sebagai martir di Venesia.

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa, penyelamat umat manusia, Engkau memuliakan Santo Markus karena pewartaan Injil. Kami mohon kepada-Mu, semoga pandangannya memperdalam iman kami serta mendorong kami mengikuti jejak Putera-Mu dengan setia. Sebab Dialah…..

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus 5:5b-14

“Salam dari Markus, anakku.”

Saudara-saudara terkasih, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya pada waktunya kamu ditinggikan oleh-Nya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Dialah yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, Si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Dialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya. Amin. Dengan perantaraan Silwanus, yang kuanggap sebagai saudara yang dapat dipercaya, aku menulis dengan singkat kepada kamu untuk menasihati dan meyakinkan kamu, bahwa kasih karunia ini benar-benar datang dari Allah. Berdirilah dengan teguh di dalamnya! Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku. Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. Damai sejahtera menyertai kamu sekalian yang berada dalam Kristus. Amin.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 89:2-3.6-7.16-17

Ref. Kasih setia-Mu, ya Tuhan, hendak kunyanyikan selama-lamanya

  1. Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun temurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.

  2. Sebab itu langit bersyukur karena keajaiban-keajaiban-Mu, ya Tuhan, bahkan karena kesetiaan-Mu di antara jemaah orang-orang kudus. Sebab siapakah di angkasa yang sejajar dengan Tuhan, siapakah di antara penghuni surga yang sama seperti Tuhan?

  3. Berbahagialah bangsa yang tahu bersorak-sorai, ya Tuhan, mereka hidup dalam cahaya wajah-Mu; karena nama-Mu mereka bersorak-sorai, dan karena keadilan-Mu mereka bermegah-megah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (1Kor 1:23-24) Kami memberitahukan Kristus yang tersalib; Dialah kekuatan dan hikmat Allah.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 16:15-20

“Pergi ke seluruh dunia, beritakanlah Injil.”

Minggu Adven I. “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” | Info dan Renungan Harian Katolik

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Cristoforus Wahyu Tri Haryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hatu Maria.

Para pendengar resi, renungan singkat dehonian, kiranya belum terlambat bila saya Rm C Wahyu Tri Haryadi scj dari Komunitas SCJ Palembang mengucapkan Selamat Paskah 2022.

Kita sudah memasuki minggu Paskah ke-2. Dan secara khusus hari ini kita merayakan pesta st markus penginjil. Seperti kita ketahui dalam tradisi bahwa st markus dikenal sebagai penulis Injil yang pertama. Kabar gembira tentang Yesus dari st. Markus ini menjadi acuan bagi penginjil lainnya. Ia mengenal dan mengetahui banyak hal tentang Yesus dari st. Petrus rasul.

Para pendengar resi, ada tiga pokok yang disampaikan oleh Injil

  1. Yesus mengutus para murid untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia dan ke segala mahkluk. Seluruh dunia berarti kemana saja dimana ada tempat di sana. Segala mahkluk berarti tidak terbatas kepada manusia tetapi juga mahkluk hidup lainnya. Kabar gembira bahwa Yesus adalah anak Allah yang menyelamatkan semesta adalah kabar bagi semesta. Semua harus punya akses untuk mendapatkannya. Kabar gembira tidak boleh disimpan untuk sendiri. Keselamatan jangan hanya diklaim untuk segelintir orang. Maka kita para murid bertanggung jawab untuk meneruskan kepada siapa saja dalam segala kesempatan.

  2. Orang yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan. Menerima kabar gembira disertai dengan tindakan real untuk secara ritual menunjukkan kepercayaannya. Tanda yang diberikan oleh Yesus adalah pembaptisan sebagai tanda hidup baru. Maka beriman kepada Kristus tidak bisa tidak nyata dalam pemberian diri melalui baptisan. Satu Tuhan, satu iman, dan satu baptisan. Menjadi pengikut Yesus Kristus tanpa dibaptis rasanya sulit dimengerti.

  3. Ada tanda-tanda yang menyertai orang yang percaya: mengusir setan dalam nama Yesus: menggantikan kehidupan lama dengan kehidupan baru, menjadikan hidupnya tak lagi berkiblat pada kejahatan tetapi kebenaran; berbicara dalam Bahasa baru tentu selain mampu mewartakan karya Yesus dalam ragam Bahasa ini artinya kita Bahasa baru yang dikembangkan adalah Bahasa kasih, kesatuan dan yang membangun bukan Bahasa kasar, kata kotor dan yang menyebar hoak; Kita tahu bahwa ular adalah symbol setan, memegang ular artinya kita melawan segala kuasa jahat dan penindasan iblis dalam kehidupan ini, jangan takut untuk berhadapan dengan serangan si jahat, kita anak-anak Allah tidak takut dengan hal gaib atau daya kegelapan; tidak celaka kendati minum racun artinya, segala persekusi, siksaan, hal buruk yang menghimpit dan mengancam kita tak akan pernah melemahkan kita. Dalam penderitaan umat Kristen justru bertumbuh. Karya penyembuhan adalah karya yang selalu dibuat oleh umat Kristen entah penyembuhan fisik, psikis, mental dan rohani. Karya roh kudus senantiasa membawa penyembuhan yang utuh.

Tiga hal di atas lah yang dapat kita renungkan dalam hidup kristiani kita. Maka saya mengundang kita untuk senantiasa mohon Roh Kudus, senantiasa mereferensi seruan Kristus dan setiap pagi Ketika bangun dan akan memulai karya Anda. Mintalah rahmat itu semua agar dapat melewati hari itu sebagai orang beriman.

Mulailah hari anda dengan berseru: Tuhan Yesus hari ini ku mohon semua kekuatan yang kuperlukan untuk berjuang dan bekerja, semua rahmat agar aku menjadi garam dan terang dan juga bekal agar aku hidup sampai engkau menghendaki ajalku datang.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa yang mahakuasa, kami mempersembahkan kurban pujian ini untuk menghormati Santo Markus, pengarang Injil. Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu semoga pewartaan Injil kepada umat-Mu semakin gencar ditangani oleh Gereja dan semakin diselami dan dihayati. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Mat 28:20

Aku akan menyertai kalian setiap hari sampai pada akhir zaman.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahakuasa, semoga kurnia yang kami terima dari altar-Mu, menyucikan dan mempengaruhi iman kami kepada injil yang diwartakan oleh Santo Markus. Demi Kristus,…

DOWNLOAD AUDIO RESI: