Rabu, 09 Maret 2022 – Hari Biasa Pekan I Prapaskah

Posted on

Rm. Antonius Edi Prasetyo SCJ dari Provinsialat SCJ Palembang – Indonesia

AUDIO RESI:

ANTIFON  — Mazmur 25:6.3.22⁣

Ya Tuhan, ingatlah akan kerahiman dan kerelaan-Mu yang abadi. Janganlah musuh bergembira atas kami. Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala penindasan. ⁣⁣

PENGANTAR

Masa persiapan Paskah berlangsung selama empat puluh hari. Empat puluh hari lamanya penduduk kota Ninive mendapat kesempatan untuk bertobat. Nabi Yunus harus membangunkan mereka. Namun, iman dan pertobatan sebenarnya tak dapat dipaksakan. Yesus pun terbentur pada ketakpercayaan dan cinta diri. Satu-satunya tanda yang diberikan adalah tanda Yunus yang kita rayakan pada hari Paskah. ⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa, Allah Bapa maha pengasih, perhatikanlah umat yang menyerahkan diri kepada-Mu. Semoga kami mampu menguasai raga kami dengan berpantang, dan meningkatkan semangat kami dengan karya amal. Demi Yesus Kristus, ….⁣⁣

ATAU⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa Yang Maharahim, buatlah kami bertobat berkat sabda-Mu, berkat Yesus, pembawa damai-Mu, dan ajarilah kami meyakini, bahwa kami selalu dapat mengandalkan sabda pengampunan-Mu. Demi Yesus Kristus, ..⁣⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Yunus 3:1-10

“Penduduk Niniwe berbalik dari tingkah lakunya yang jahat.”

Tuhan berfirman kepada Yunus, “Bangunlah dan berangkatlah ke Niniwe, kota besar itu. Sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu.” Maka bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru, “Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.” Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung. Setelah kabar sampai pada raja kota Niniwe, turunlah raja dari singgasananya; ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di atas abu. Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian, “Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air. Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah; dan haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, dan dari kekerasan yang dilakukannya. Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal, serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa.” Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah atas malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka; dan Ia pun tidak jadi melakukannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 51:3-4.12-13.18-19

Ref. Hati yang remuk redam tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.
Atau: Kasihanilah, ya Tuhan, Kaulah pengampun yang rahim, dan belas kasih-Mu tak terhingga.

  1. Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, menurut besarnya rahmat-Mu hapuskanlah pelanggaranku. Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!

  2. Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, dan baharuilah semangat yang teguh dalam batinku. Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

  3. Tuhan, Engkau tidak berkenan akan kurban sembelihan; dan kalaupun kupersembahkan kurban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Persembahan kepada-Mu ialah jiwa yang hancur; hati yang remuk-redam tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
S  : (Yl 2:12-13) Sekarang juga, demikian firman Allah, berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, sebab Aku ini pengasih dan penyayang.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 11:29-32

“Angkatan ini tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus.”

7 Fakta Tentang Yunus Di Alkitab - Laman 2 dari 2 - RUBRIK KRISTEN

Sekali peristiwa Yesus berbicara kepada orang banyak yang mengerumuni Dia, “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menuntut suatu tanda, tetapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus. Sebab sebagaimana Yunus menjadi tanda bagi orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda bagi angkatan ini. Pada waktu penghakiman ratu dari Selatan akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan akan menghukum mereka: Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sungguh, yang ada di sini lebih daripada Salomo! Pada waktu penghakiman orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sungguh, yang ada di sini lebih daripada Yunus!”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Antonius Edi Prasetyo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria. 

Pendengar Resi Dehonian terkasih, jumpa kembali dengan saya, Romo Antonius Edi Prasetyo SCJ dari Komunitas Propinsialat SCJ  Palembang dalam RESI – Renungan Singkat – Dehonian Edisi  Rabu, 9 Maret 2022.

Saudara/I, Para Sahabat Hati Kudus Yesus yang terkasi. Bacaan Injil hari ini berbicara mengenai tanda-tanda, iman dan pengampunan. Yesus harus berhadapan dengan orang-orang yang mempertanyakan otoritas kenabiannya. Menariknya, orang-orang itu adalah orang-orang yang menganggap diri saleh dan suci, dekat dengan Tuhan dan hidup menurut hukumNya dengan ketaatan yang tinggi. Yesus ingin membuka mata hati mereka. Yesus, menekankan bahwa yang menyelamatkan bangsa niniwe bukanlah statusnya, tetapi pertobatan penduduk Niniwelah yang penting di sini. Jika mereka yang dianggap bukan bangsa yang terpilih saja memiliki hikmat untuk mengakui otoritas nabi Yunus sebagai utusan Allah  dan membuat mereka bertobat, maka tentunya generasi bangsa Israel sebagai bangsa terpilih pada jaman Yesus harusnya dapat melakukan hal yang sama, mengingat Yesus bahkan lebih besar dari Yunus.

Hal yang sama berlaku untuk Ratu Sheba, yang datang jauh-jauh untuk melihat kebesaran raja Israel dan kebijaksaan Allah dalam diri Salomo. Penginjil Lukas ingin membuka mata para pembacanya dengan suatu pengajaran: Orang asing seperti Ratu Sheba dan orang Niniwe, justru lebih mampu melihat kebenaran Ilahi daripada orang Israel yang menganggap diri suci!

Saudara-saudari terkasih, ini adalah teguran bagi kita. Sabda Tuhan hari ini mengingatkan betapa seringnya kita yang menganggap diri saleh dan beriman justru meminta tanda kepada Tuhan dan menuntut bukti keberadaan dan cinta-Nya dalam hidup kita. Apalagi, saat kita mengalami situasi yang tidak nyaman, saat kita sedang menghadapi masalah, saat kita sedang terpuruk, kita mempertanyakan sikap Tuhan, mempertanyakan rencanaNya dan mengalami kesulitan menaruh kepercayaan yang mendalam pada Tuhan. Kita diundang untuk mempunyai iman yang besar sekaligus mempunyai kerendahan hati untuk terus menerus memahami kehendak Tuhan dalam hidup kita. kita juga diajak untuk terus menerus bertobat, dengan bertindak dan berperilaku seperti anak-anak Terang.

Semoga sabda Tuhan hari ini meneguhkan hidup dan iman kita. Saya memberkati saudara dengan berkat Allah yang melimpah, dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin. Semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati kita semua. Amin  Berkah Dalem. 

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa, sumber segala anugerah, terimalah persembahan kami ini demi kemuliaan-Mu. Semoga ini menjadi tanda keselamatan yang menyalurkan anugerah abadi. Demi Kristus, …⁣ ⁣

ATAU⁣

Allah Bapa Yang Maharahim, berilah kami pengampunan dosa berkat roti anggur, berkat Yesus Kristus, lambang kerahiman-Mu yang hidup. Sebab Dialah ….⁣ ⁣

ANTIFON KOMUNI — Mazmur 5:12⁣

Bergembiralah semua orang, yang berlindung kepada-Mu, ya Tuhan. Mereka akan bersorak-sorai selamanya, dan Engkau akan berdiam di tengah-tengah mereka.⁣ ⁣

DOA PENUTUP⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa Yang Mahabaik, tak henti-hentinya Engkau memelihara dan menyegarkan kami dengan sakramen-sakramen-Mu. Kami mohon, semoga anugerah yang telah kami sambut ini mendatangkan kebahagiaan kekal bagi kami. Demi Kristus, ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber kebijaksanaan, ajarilah kami kiranya mendengarkan Yesus, Sabda kebijaksanaan, yang menunjukkan jalan kehidupan dan kebebasan pada masa Prapaskah ini. Sebab Dialah ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: