Senin, 14 Februari 2022 – Peringatan Wajib St. Sirilus, Pertapa dan Metodius, Uskup

Posted on

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ St. Gregorius Agung Jambi – Indonesia

AUDIO RESI:


https://resi.dehonian.or.id/wp-content/uploads/2022/02/Resi-Senin-14-Februari-2022-oleh-Rm-Albertus-Suryadi-SCJ-dari-Komunitas-SCJ-St.-Gregorius-Agung-Jambi-Indonesia.mp3

ANTIFON PEMBUKA – Mzm 95:3-4

Ceriterakanlah kemuliaan-Nya di antara para bangsa dan karya-Nya yang agung di antara segala suku. Sebab Tuhan mahaagung dan sangat terpuji.

PENGANTAR:

Karya misioner dewasa ini sangat menekankan inkulturasi lokal, terutama dalam hal bahasa. Sirilus serta Metodius, dua orang misionaris bersaudara, telah rnelihat kepentingan itu berabad-abad sebelum kita. Kitab Suci dan doa-doa mereka terjemahkan ke dalam bahasa Rusia. Liturgi pun mereka rayakan dalam bahasa daerah. Oleh beberapa lingkungan hal itu dianggap bidaah. Tetapi Sri Paus yakin akan kejujuran hati mereka dan mendukung usaha -usaha mereka. Hasilnya: Gereja berkembang dengan suburnya.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa umat manusia, bangsa-bangsa Slawia telah Kaupanggil kepada terang iman sejati dengan pewartaan dua orang bersaudara Santo Sirilus dan Santo Metodius. Bukalah hati kami juga bagi sabda-Mu, supaya kami memahami ajaran-Mu, menjadi umat yang rukun bersatu dan sehati mengakui iman yang benar. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Yakobus 1:1-11

“Ujian terhadap imanmu menghasilkan ketekunan, agar kamu menjadi sempurna dan utuh.”

Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan. Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun. Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintanya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit; maka hal itu akan diberikan kepadanya. Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah berharap, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. Bila seorang saudara berada dalam keadaan yang rendah baiklah ia bermegah karena kedudukannya yang tinggi, dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput; matahari terbit dengan panasnya yang terik dan melayukan rumput itu sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya: di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 119:67.68.71.72.75.76

Ref. Semoga rahmat-Mu sampai kepadaku, ya Tuhan, supaya aku hidup.

  1. Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji-Mu.

  2. Engkau baik dan murah hati, ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

  3. Memang baik, bahwa aku tertindas, supaya aku belajar memahami ketetapan-ketetapan-Mu.

  4. Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih berharga daripada ribuan keping emas dan perak.

  5. Aku tahu, ya Tuhan, bahwa hukum-hukum-Mu adil, dan memang tepat bahwa Engkau telah menyiksa aku.

  6. Biarlah kiranya kasih setia-Mu menjadi penghiburanku, sesuai dengan janji yang Kauucapkan kepada hamba-Mu.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (Yoh 14:6) Aku ini jalan, kebenaran dan kehidupan, sabda Tuhan. Tiada orang dapat sampai kepada Bapa tanpa melalui Aku.

bacaan injil: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 8:11-13

“Mengapa angkatan ini meminta tanda?”

Injil Markus 8:11-13 - Majalah Mekar

Sekali peristiwa datanglah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Yesus dalam hati dan berkata, “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sungguh, kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberikan tanda.” Lalu Yesus meninggalkan mereka. Ia naik ke perahu dan bertolak ke seberang.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dalam RESI, Senin 14 Februari 2022. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia. Tema renungan kita pada hari ini adalah: “Tuhan Yesus, buatlah kami dapat mengalami kehadiran-Mu”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Markus 8:11-13.

Para pendengar RESI yang terkasih, mendengarkan bacaan Injil hari ini kita semua di ajak untuk dapat memahami alasan mengapa Yesus tidak bersedia memenuhi permintaan orang- orang Farisi yang bermaksud menguji dengan cara meminta suatu tanda kepada Yesus. Yesus mengetahui isi hati orang- orang Farisi yang datang kepada-Nya, yang selalu berniat menguji Yesus. Mereka meminta tanda dengan tujuan agar mereka sendiri dapat membenarkan diri mereka dan menemukan alasan untuk menyalahkan Yesus. Mereka pada dasarnya tidak percaya kepada Yesus, dan kepada Bapa yang telah mengutus Yesus datang ke dalam dunia, ke tengah-tengan mereka.

Dengan kata lain, hati mereka telah tertutup untuk menerima kebenaran yang di sampaikan oleh Yesus, serta menolak kehadiran Yesus yang merupakan tanda kehadiran kasih Allah yang membawa keselamatan, suka cita bagi semua.

Tak ada satupun tanda yang di buat oleh Yesus bagi mereka saat itu, karena mereka hanya ingin mencari kebenaran atas diri mereka sendiri, mempertahankan sesombongan diri mereka, dan menutup diri akan kebaikan hati Allah.

Para pendengar Resi yang terkasih, sebagai umat beriman, marilah kita menyadari bahwa Tuhan Yesus telah memberikan kepada kita semua,  telinga untuk mendengarkan, dan mata iman untuk melihat, menyadari, mengalami kehadiran-Nya dalam setiap pengalaman hidup kita, dalam pengalaman suka dan duka. Tuhan Yesus hadir dalam hidup kita, dalam banyak cara agar kita mampu untuk mengerti, dan membuka hati untuk mengalami bimbingan-Nya, mengalami berkat-Nya.  Bila kita dengan setia mencari Tuhan Yesus, kita pasti akan menemukan Dia.

Marilah kita mohon rahmat Iman, agar kita tak pernah kehilangan harapan dan boleh selalu mengalami kehadiran Yesus yang menyelamatkan dalam hidup kita, khususnya saat kita mengalami kesulitan, persoalan, dalam hidup kita. Semoga cinta Hati Kudus Yesus, terus bertumbuh dalam hidup kita, selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, membuka jalan untuk setiap persoalan yang kita hadapi ada dalam hidup kita. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Pada peringatan Santo Sirilus dan Metodius kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, limpahkanlah berkat-Mu dari surga atas persembahan yang kami unjukkan ini. Semoga kami dilepaskan dari segala dosa dan dipenuhi dengan santapan surgawi. Demi Kristus, …

ANTIFON KOMUNI:

Pergilah ke seluruh dunia dan maklumkanlah Injil. Aku besertamu setiap hari.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa : Allah Bapa kami yang maha penyayang, Santo Sirilus dan Metodius telah mewartakan iman dan meneguhkannya dengan jerih payah mereka. Semoga sakramen yang kami sambut ini menghidupkan iman itu dalam diri kami. Demi Kristus,…

DOWNLOAD AUDIO RESI: