Rena Minggu, 02 Januari 2022 – Hari Raya Penampakan Tuhan

Posted on

Renungan Iman Katolik

Br. Andreas Gatot SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

AUDIO RENA:

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat……Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Halo Adik-adik yang terkasih. Wah nampaknya adik-adik masih Nampak bersemangat dan bersuka cita ya, karena semangat natal masih beserta kita.. horeeee.. Dan Bruder ucapkan selamat natal dan tahun baru untuk kalian.,. Sudah mengunjungi bayi Yesus belum di gua natal. Bagamana indah tidak gua natal di Gereja kalian. Atau ada yang buat gua natal di rumah… ada yang membuat.. wah ternyata ada ya… bagus-bagus…

Nah adik adik tahu tidak hari ini kita merayakan apa hayooo.. iya hari ini kita merayakan hari raya Penampakan Tuhan atau hari raya Epifani.. Yaitu Tuhan Yesus menampakan diri pertama kalinya kepada para bangsa yang diwakili tiga raja / sarjana dari Timur.

Namun sebelum bruder lanjutkan, bruder akan menyapa teman-teman dulu ya.. Ada Mas Deo, dik Kristo, Kak Agnes, dik Keila, dik Kanaya,  ada si kembar Fael dan Biel, Kakak Joe, kak Vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, mas naren, mas Bagas, mas Evan, mas Rendra, mas Bisma, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar… Mari kita siapkan hati kita pada masa adven ini agar nanti kita layak dan pantas menyambut kedatangan Tuhan di Hari Raya natal…

Nah adik-adik, sebelum kita mendengarkan bacaan injil. Kita buat tanda KEMENANGAN KRISTUS DULU, kita buat tanda salib dulu yuk…….  Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Nah sekarang adik-adik kita dengarkan baik-baik ya kisah yang akan bruder bacakan dari Injil yesus Kritus karangan Santo Matius bab 2 ayat 1 sampai dengan ayat 12

Tiga Orang Majus.”

Orang-orang majus dari Timur - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pada waktu Yesus lahir, ada sebuah bintang yang bersinar terang. Cahaya bintang itu terlihat sampai ke Persia, yaitu sebuah daerah yang letaknya jauh ke arah timur dari Betlehem. Ada tiga orang dari Persia yang melihat bintang itu. Mereka pandai dan bijaksana. Orang-orang menyebut mereka “orang majus”. Ketiga orang majus ini percaya bahwa bintang itu merupakan tanda lahirnya seorang raja. Maka pergilah mereka mengikuti arah bintang. Mereka menyeberangi padang gurun yang luas hingga akhirnya mereka tiba di Yerusalem.

Di Yerusalem mereka menghadap kepada Herodes, yaitu raja yang berkuasa di daerah Israel. Mereka bertanya kepada Herodes, “Kami telah melihat sebuah bintang terang. Itu tanda lahirnya seorang raja. Tahukah engkau di mana Sang Raja itu lahir? Kami datang untuk menyembah-Nya.”

Herodes tidak tahu, maka ia meminta nasihat kepada imam-imam dan ahli Taurat. “Menurut ramalan para nabi, raja itu lahir di Betlehem,” kata mereka. Raja Herodes menjadi ketakutan. Dia tidak ingin ada raja lain. Oleh karena itu, Herodes bermaksud jahat. Ia ingin membunuh Raja yang baru lahir itu. Kata Herodes kepada ketiga orang majus, “Pergilah kalian ke Betlehem. Carilah Raja itu di sana. Setelah kalian menemuinya, kembalilah ke istanaku dan beri tahu aku di mana tempat kelahiran-Nya. Aku pun ingin menyembah-Nya.” Padahal, dalam hatinya Herodes sama sekali tidak ingin menyembah Raja yang baru lahir itu, melainkan justru ingin membunuh-Nya.

Lalu tiga orang majus itu pergi ke Betlehem, sesuai dengan arah bintang. Dan benarlah! Di sana mereka menemui bayi Yesus. Sambil berlutut di dekat palungan, ketiga orang majus itu mempersembahkan berbagai macam hadiah untuk bayi Yesus. Orang yang pertama memberikan perhiasan emas yang indah. Orang yang kedua memberikan wewangian. Orang ketiga memberikan dupa yang harum baunya. Betapa bahagia hati mereka karena bisa berjumpa dengan Yesus, Sang Raja.

Ketika orang-orang majus itu hendak kembali pulang, mereka mendapat mimpi. Dalam mimpi itu Allah berpesan agar mereka tidak kembali kepada Herodes. Demikianlah, akhirnya mereka pulang ke tanah air mereka lewat jalan lain.

Demikianlah Sabda Tuhan. Terpujilah Kristus

Nah adik-adik hari ini gereja merayakan hari Raya Epifani yati hari raya penampakan Tuhan. Nah hari ini Bayi Yesus menampakan diri kepada bangsa-bangsa yang diwakili oleh 3 raja dari Timur atau orang-orang majus.Mareka datang dari negeri yang jauuuhhhhh sekali adik-adik. Meski jauhhhhh mereka mau datang untuk menyembah Tuhan yesus yang masih imut hehehe masih bayi mungil baru lahir.. Oeekkk oeekkk oekkkk.. Dan hebatnya mereka para raja dari Timur itu membawa 3 persembahan.. apa adik-adik persembahannya.. hayooo iyaaa.. mereka membawa Emas, kemenyan, dan Mur… Wah hebat ya adik-adik persembahan para majus atau 3 raja dari timur itu.

Nahhhh sekarang pertanyaannya apa yang adk-adik persembahkan kepada kanak-kanak yesus… Hayooooo siapa yang bisa jawab.. Mari kita persembahkansegala yang baik untuk Tuhan Yesus, misalnya dengan rajin ke gereja, dengan nilai-nilai pelajaran kita yang baik karena belajar yang rajin, dengan kesehatan kita karena kita rajin merawat tubuh kita, dengan membantu orang yang membutuhkan bantuan karena Tuhan Yesus mencintaoi orang-orang yang menderita. Dengan berderma untuk gereja dan orang miskin, dengan berkurban untuk melayani Tuhan dengan menjadi putra-putri altar rajin sekilah minggu, dan lain-lain..  Tuhan Yesus menunggu hadiah dari kalian…

Adik-adik Mari Berdoa: Tuhan Yesus yang mungil hari ini 3 raja dari Timur mengunjungi-Mu. Dan mereka membawa oleh-oleh emas, kemnyan, dan mur. Kami anak-anakmu juga ingin mengunjungimu Tuhan, kami ingin membawa oleh-oleh juga bagiMu namun kami belum bisa memberikan oleh-oleh yang baik. Berkatilah kami ya Tuhan semoga kami bisa memberikan oleh-oleh yang menyenangkan HatiMu dengan segala perbuatan kami yang baik, doa-doa, kami, derma kami, dan pengurbanan kami bagi sesama.  amin

Dalam nama bapa dan Putra dan Roh kudus.. Amin. Sampai jumpa adik-adik Tuhan memberkati. Berkah Dalem..

DOWNLOAD AUDIO RENA: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...