RENA Minggu, 12 Desember 2021 – Hari Minggu Adven III / C

Posted on

Renungan Iman Katolik

Fr. Gregorius Sigit Tri Wahyudi dari komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting Indonesia

AUDIO RENA:

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 3: 10 -18

“Apa yang harus kami perbuat?”

Ketika Yohanes Pembaptis mewartakan pertobatan, orang banyak bertanya kepadanya, “Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes, “Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat demikian juga.” Pada waktu itu datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis, dan mereka bertanya kepada Yohanes, “Guru, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes, “Jangan menagih lebih banyak dari yang telah ditentukan!” Dan prajurit-prajurit pun bertanya kepadanya, “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka, “Jangan merampas dan jangan memeras, dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu!” Tetapi orang banyak itu sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hati tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias. Karena itu Yohanes bekata kepada semua orang itu, “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa daripada aku masih akan datang, dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Alat penampi sudah ada di tangan-Nya: Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya untuk mengumpulkan gandum ke dalam lumbung-Nya. Tetapi debu jerami akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.” Dan banyak nasihat lain Yohanes memberitakan Injil kepada orang banyak.

Demikianlah Injil Tuhan

Terpujilah Kristus

“Sukacita Berbagi”

Halo adik-adik yang dikasihi Tuhan, vivat Cor Iesu, per cor Mariae! Jumpa lagi di Renungan Anak Dehonian. Gimana kabarnya? Pasti sehat-sehat dan baik-baik semua ya kan. Oh ya, perkenalkan nama frater, Fr. Gregorius Sigit, biasanya dipanggil Fr. Sigit. Pasti sudah nggak sabar kan dengerin renungan hari ini? Yuk, sebelum masuk ke renungan kita dengerin sabda Tuhan dulu ya. Adik-adik bisa ambil kitab sucinya, kita buka dari Injil Lukas 3:10-18. Inilah Injil Suci menurut St. Lukas (bacaan injil).

Wah.. menarik kan injil hari ini? Pastilah menarik karena di sana kita diajak untuk mau berbagi kepada sesama kita. Oh ya adik-adik tahu nggak hari ini hari apa? Hari ini adalah hari Minggu Adven III yang biasa disebut dengan Minggu Sukacita. Kenapa ya kok disebut minggu sukacita? Karena hari ini menandakan Hari Raya Natal sudah dekat. Wah nggak terasa ya Natal hampir tiba.

Nah adik-adik karena hari ini hari yang penuh sukacita Tuhan Yesus ingin agar kita membagikan sukacita itu kepada sesama kita. Cocok deh dengan injil hari ini yang mengajarkan kita untuk berbagi dan mengurangi kesusahan orang lain. Pastilah adik-adik di rumah senang berbagi kan ke teman-teman, orang tua, atau orang-orang yang sedang kesusahan. Adik-adik yang baik hati dan disayang Tuhan, dengan berbagi kita juga membuat orang lain senang. Berbagi juga mengajarkan kita untuk makin murah hati.

Nah frater, gimana sih caranya berbagi itu? Pertanyaan yang bagus nih. Berbagi bisa kita lakukan dengan memberi hadiah natal untuk teman-teman, memberi makanan buat mereka anak-anak di jalanan, bisa juga buat kado untuk mama-papa. Adik-adik juga bisa kok ngajarin teman-teman yang kesusahan belajar di sekolah, bantu mama-papa bersih-bersih rumah pasti mereka akan senang. Dengan begitu adik-adik sudah belajar untuk berbagi sukacita untuk orang lain.

Gimana adik-adik mau kan berbagi sukacita pada orang lain? Tuhan Yesus ingin kita agar selalu berbagi. Kita adalah anak-anak Allah yang diajak untuk selalu berbagi sukacita. Apa lagi Natal sebentar lagi nih! Hayo siapa yang sudah punya baju baru, yang sudah bikin kado untuk teman-teman atau mama-papa? Jangan lupa tetap berdoa terus ya biar virus corona-nya berakhir. Kalau misalkan Natal nanti kita masih di rumah saja jangan lelah-leah berdoa untuk keluarga dan teman-teman yang ada di tempat lain, meski tak jumpa langsung kita harus yakin sukacita kita juga dibagikan ke mereka.

Ayo kita berbagi sukacita! Semoga Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Sampai jumpa lagi di Renungan Anak Dehonian edisi selanjutnya dan selamat mempersiapkan hari Raya Natal! Vivat Cor Iesu, per Cor Mariae!

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...