Sabtu, 04 Desember 2021 – Hari Biasa Pekan I Adven

Posted on

Rm. Hubertus Aditya Prabowo SCJ dari komunitas SCJ Prawang Riau – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 80.4.2

Datanglah, ya Tuhan, perlihatkanlah wajah-Mu, maka selamatlah kami.

PENGANTAR

Bagi umat Israel, kesejahteraan merupakan alasan untuk ber syukur. Para nabi merupakan pewarta pengharapan akan masa depan yang cerah. Yesus pun memberikan tugas yang penuh harapan kepada murid-murid-Nya: mereka diutus sebagai pe kerja panenan dan mewartakan Kerajaan Allah.

DOA PEMBUKA

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber kebahagiaan. utuslah Guru dan Pembimbing hidup kami. yaitu Putra-Mu sendiri. yang akan menunjukkan jalan mana yang harus kami tempuh, serta menunjukkan kedamaian kepada siapa pun yang mendengarkan sabda-Mu dengan penuh iman. Sebab Dialah….

ATAU:

Marilah berdoa: Allah Bapa Yang Maharahim, Engkau mengutus Putra-Mu ke dunia untuk membebaskan kami dari pengaruh manusia lama. Anugerahkanlah rahmat-Mu kepada kami yang menantikan Putra-Mu itu, agar kami menerima kurnia kebebasan sejati. Demi Yesus Kritus Putra-Mu,…..

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Yesaya 30:19-21.23-26

“Pastilah Tuhan mengasihi kalian apabila kalian berseru-seru.”

Beginilah firman Tuhan, Yang Mahakudus Allah Israel, “Hai bangsa di Sion yang mendiami Yerusalem, kalian tidak akan terus menangis. Pastilah Tuhan akan mengasihani kalian, apabila kalian berseru-seru. Begitu mendengar teriakmu Ia akan menjawab. Walaupun Tuhan memberi kalian roti dan air serba sedikit, namun Gurumu, tidak akan menyembunyikan diri lagi. Kalian akan terus melihat Dia dan entah kalian menyimpang ke kanan entah ke kiri, sabda-Nya ini akan kalian dengar dari belakangmu, “Inilah jalannya, ikutilah jalan ini!” Pada waktu itu Tuhan akan mencurahkan hujan bagi benih yang baru kalian taburkan di ladang, dan dari hasil tanah itu kalian akan makan roti yang lezat dan berlimpah-limpah. Pada waktu itu ternakmu akan merumput di padang rumput yang luas. Sapi-sapi dan keledai-keledai yang mengerjakan tanah akan memakan makanan campuran yang sedap, yang sudah ditampi dan diayak. Dari setiap gunung yang tinggi dan dari setiap bukit yang menjulang akan memancar sungai-sungai pada hari pembunuhan yang besar, apabila menara-menara runtuh. Maka terang bulan purnama akan seperti terang matahari terik, dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu Tuhan membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas-bekas pukulan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 147:1-2.3-4.5-6

Ref. Berbahagialah orang yang menanti-nantikan Tuhan.

  1. Sungguh, bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji Dia. Tuhan membangun Yerusalem, Ia menghimpun orang-orang Israel yang tercerai berai.

  2. Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati, dan membalut luka-luka mereka; Ia menentukan jumlah bintang-bintang, masing-masing dipanggil dengan menyebut nama-Nya.

  3. Besarlah Tuhan kita dan berlimpahlah kekuatan-Nya, kebijaksanaan-Nya tidak terhingga. Tuhan menegakkan kembali orang-orang yang tertindas, tetapi orang-orang fasik direndahkan-Nya ke tanah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : Inilah Raja kita, Tuhan semesta alam. Ia datang membebaskan umat-Nya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 9:35-10:1.6-8

“Melihat orang banyak itu, tergerak hati Yesus oleh belas kasihan.”

Sekali peristiwa Yesus berkeliling ke semua kota dan desa. Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak yang mengikuti-Nya, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Tuaian memang banyak, tetapi pekerjanya sedikit. Maka mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” Lalu Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan. Yesus mengutus mereka dan berpesan, “Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel! Pergilah dan wartakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kalian telah memperoleh dengan cuma-cuma, maka berikanlah pula dengan cuma-cuma.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Rm. Hubertus Aditya Prabowo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Maria. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria

Pada masa kini kiranya cukup banyak orang yang lesu, kurang gairah dalam hidup atau sakit, karena berbagai tantangan atau hambatan yang terjadi. Banyak orang yang menjadi uring-uringan dan saling menyalahkan. “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Kemanapun kita pergi atau dimanapun kita berada hendaknya menjadi pengharapan bagi alias menggairahkan orang lain: yang sakit berharap segera sembuh, yang lesu segera berubah menjadi bergairah, yang terlantar segera terrawat dan diperhatikan. Kita dapat menjadi pengharapan dan menggairahkan karena dengan cuma-cuma kita berbuat baik kepada mereka sesuai dengan kemungkinan, kesempatan serta kemampuan yang ada. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang kita miliki, nikmati dan kuasai sampai saat ini juga telah kita terima sebagai anugerah Allah melalui orang yang telah berbuat baik kepada kita, maka juga boleh dikatakan sebagai yang cuma-cuma juga.

Sebagai orang beriman, kita adalah ‘tangan-tangan Tuhan’ alias berpartisipasi dalam karya penyelamatan-Nya, sehingga cara hidup dan cara bertindak kita dimanapun dan kapanpun menjadi ‘penghiburan’ atau ‘harapan yang menggairahkan’ bagi orang lain. Maka baiklah kita mawas diri: pertama-tama apakah saya pribadi dapat menjadi penghiburan atau harapan bagi orang lain, dimana cara hidup dan cara bertindak kita sungguh menarik, memikat, memukai dan mempesona, karena saya berbudi pekerti luhur, dari diri saya terpancar keceriaan dan kegembiraan sejati sebagai penghayatan persatuan saya dengan Tuhan.

Kita dalam keadaan atau situasi apapun tetap tegar dan bergairah. Kehadiran kita senantiasa memberdayakan, meneguhkan dan memperkuat orang lain, sebagaimana Tuhan senantiasa menghidupkan dan mengembangkan citpaan-ciptaanNya di dunia/bumi ini. Harapannya, mereka yang berpengaruh dalam kehidupan bersama dapat menjadi penghiburan dan harapan bagi sesamanya. Amin

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa sumber keselamatan, semoga persembahan bakti senantiasa diunjukkan kepada-Mu. Kiranya oleh persembahan ini rencana karya penyelamatan terlaksana sepenuhnya. Demi Kristus, ….

ATAU:

Allah Bapa kami, semoga persembahan roti anggur ini mendatangkan kerajaan-Mu, sebab Yesus Kristus Putra-Mu adalah sabda kedamaian bagi mereka yang hidup. Dialah Tuhan…

ANTIFON KOMUNI – Wahyu 22:12

Tuhan bersabda, “Lihatlah, Aku datang segera. dan Aku membawa serta anugerah-Ku bagi setiap orang menurut perbuatannya.”

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, semoga sakramen ini membersihkan kami dari segala dosa dan kekurangan, dan mempersiapkan kami menghadapi hari raya mendatang. Demi Kristus,…

ATAU:

Marilah berdoa: Allah Bapa mahamulia, datanglah segera membebaskan dunia serta menyembuhkan umat manusia dari sikap acuh tak acuh dan membuta. Buatlah kami merasa lega, karena Kauhidupkan lagi pengharapan kami dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu. Sebab, pada Dialah Kautunjukkan kepenuhan cinta kasih-Mu kepada umat manusia. Dialah Tuhan dan Pengantara kami..

DOWNLOAD AUDIO RESI: