Jumat, 03 Desember 2021 – Pesta Santo Fransiskus Xaverius, Imam dan Pelindung karya misi

Posted on

Renungan Iman Katolik

Rm. Johanes Juliwan Maslim SCJ dari Komunitas SCJ Toronto Kanada

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mzm 95 : 3 – 4

Ceriterahkanlah kemuliaan Tuhan di antara para bangsa dan karya-Nya yang agung di antara suku. Sebab Tuhan maha agung dan sangat terpuji.

KATA PENGANTAR:

Di dalam hidup suatu kebetulan sering besar perannya. Fransiskus pergi ke universitas Paris dengan harapan kelak dapat menjadi mahaguru. Pertemuannya dengan Ignasius menjadi titik balik. Bersama teman-temannya ia menjadi Yesuit. Dan sebagai misionaris pertama ia melawat ke Asia. Dalam waktu singkat ia berhasil gilang-gemilang. Di India, Sailan, Maluku dan Jepang ia meletakkan dasar-dasar Gereja Asia. Ia meninggal di dekat perbatasan Cina ketika tidak mendapat izin masuk.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa : Allah Bapa, penyelamat umat manusia, Pelbagai bangsa Kaujadikan milik-Mu Berkat pewartaan Santo Fransiskus Xaverius. Semoga semangat kerasulannya berkobar Dalam hati semua orang beriman, Sehingga dimana-mana umat-Mu berkembang subur. Demi Yesus Kristus,…

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus 9:16-19.22-23

“Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil.”

Saudara-saudara, jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil. Seandainya aku melakukan pemberitaan itu atas kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan atas kehendakku sendiri, pemberitaan itu merupakan tugas yang ditanggungkan Allah kepadaku. Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa imbalan, dan bahwa aku tidak menuntut hakku sebagai pemberita Injil. Sesungguhnya aku bukan hamba siapa pun. Meskipun begitu, aku menjadikan diriku hamba semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang. Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya sedapat mungkin aku memenangkan beberapa orang dari antara mereka. Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian di dalamnya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 117:1.2

Ref. Pergi ke seluruh dunia, wartakanlah Injil.

  1. Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!

  2. Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya
S : (Mat 28:19-20) Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 16:15-20

“Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil!”

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Demikianlah Injil Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Johanes Juliwan Maslim SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para Pendengar Renungan Singkat Dehonian yang berbahagia, berjumpa kembali dengan saya, Rm. Yuliwan dari Komunitas Toronto, Kanada dalam Resi Hari Jumat Pertama, 3 Desember dan bertepatan pula dengan Pesta St. fransiskus Xaxerius. Sabda Tuhan yang akan kita renungkan pada hari ini diambil dari Markus 16 :15-20. Marilah kita awali dengan membuat Tanda Kemenangan Kristus: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

“Siap diutus”

Bersama seluruh Gereja, pada hari ini kita merayakan Pesta St. Fransisikus Xaverius, khususnya di Indonesia, karena dia adalah sebagai Pelindung Misi, juga karena ia pernah sampai ke Indonesia. Nama Xaverius banyak dipakai oleh sekolah-sekolah Katolik di Indonesia. Kecintaannya kepada Tuhan dan kerinduannya untuk membawa Kabar Gembira kepada semua orang di seluruh dunia, itulah yang membuat dia pergi meninggalkan daerahnya dan menjelajah ke berbagai daerah, khususnya Asia.

Pesan Yesus pada hari ini bergema kembali bagi kita semua dan memang ditujukan untuk kita. Sebenarnya ini adalah perintah Yesus kepada para rasulNya yang diteruskan kepada kita semua. Tidak cukup kita hanya mendengarkan Sabda Tuhan, kita juga harus bertindak dan siap diutus menjadi rasul di jaman ini. Memang sebelum kita pergi mewartakan Kabar Gembira, kita terlebih dahulu perlu kenal dan mengalami Kabar Gembira itu serta menghidupinya. Kabar Gembira atau Injil adalah berita bahwa keselamatan telah hadir di tengah kita di dalam diri Tuhan Yesus Kristus. Maka sebenarnya kita pun diutus untuk mewartakan Yesus Kristus, Sang Keselamatan. Sudahkah saya mengenal Tuhan Yesus secara pribadi dan sungguh mengalami kehadiranNya di dalam hidup saya secara personal?

Setiap orang dari kita diutus untuk mewartakan Injil dan Tuhan memberikan bekal yang istimewa serta menyertai kita senantiasa. Bekalnya adalah kekuatan rohani sehingga kita pun mampu menyalurkan kekuatan Tuhan itu kepada semua orang. Namun harus tetap diingat bahwa kita adalah utusan, maka jangan sampai kita jatuh pada mewartakan diri sendiri dalam kekuasaan dan kesombongan. Jelas hal itu bisa terjadi karena Tuhan memberikan karunia dan kemampuan kepada kita dalam perutusan kita ini, namun itu semua sarana dalam mewartakan Injil dan bukan tujuannya.

Saudara-saudari yang terkasih, perutusan ini kita mulai dari diri kita sendiri kemudian kepada semua orang yang ada di sekitar kita dan kepada siapapun yang kita jumpai. Maka kita tidak perlu memikirkan untuk pergi ke tempat yang jauh, karena kita menjadi misionaris atau utusan di mana pun kita berada saat ini. Bersyukurlah karena kita semua sebagai anak-anak Allah, yang kita terima melalui Sakramen Baptis. Dipercaya dan diutus mewartakan Kabar Gembira, ini bukan pilihan namun inilah bagian dalam panggilan kita sebagai murid-murid Yesus. Sebagaimana anak-anak yang mencintai orang tuanya dan melakukan kehendak mereka, begitupun kita yang mencintai Tuhan akan melakukan KehendakNya dengan sepenuh hati. Teruslah berjuang dan jangan takut akan tantangan yang selalu akan menghalangi perjalanan perutusan kita.

Tuhan senantiasa menyertai dan menjaga kita dengan BerkatNya: Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. “Semoga Hati Kudus Yesus semakin merajai hati kita”

DOA UMAT

I : Tuhan Yesus bersabda, “ Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibabtis akan diselamatkan. “Mengingat tugas perutusan itu Santo Fransiskus Xaverius telah melawat ke Asia dan memperkenalkan Kristus kepada pelbagai bangsa. Marilah kita mohon semangat kerasulannya kepada Bapa di surga :

L : Bagi Gereja di seluruh dunia : Semoga Gereja dewasa ini semakin menghayati semangat kerasulan sejati dalam kata dan karya.

L : Bagi pemerintahan –pemerintah Negara : Semoga kebebasan beragama dan pertobatan dijamin benar-benar.

L : Bagi para penderita cacat atau sakit : Semoga mereka berani mempersembahkan penderitaannya demi keselamatan sesamanya.

L : Bagi diri kita di sini : Semoga semangat merasul tetap menyala di dalam hati kita, sehingga tak segan-segan member kesaksiaan iman di mana saja.

I : Allah Bapa, sumber keselamatan umat manusia, dengar-kanlah dan kabulkanlah doa permohonan umat-Mu. Curahkanlah Roh-Mu kepada kami dan Jiwailah Geraja dengan kegairahan dan kegiatan kerasulan. Demi kristus ……

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa, penyelamat umat manusia, terimalah kiranya persembahan yang kami hunjukan untuk menghormati Santo Fransiskus Xaverius. Tanpa kenal lelah ia menjelajahi daera-daerah Asia karena ingin menyelamatkan sesama manusia. Semoga kami pun member kesaksian mengenai Injil dan bersama-sama bergegas menyongsong Engkau. Demi Kristus …..

ANTIFON KOMUNI – Mrk 16 : 15 ; Mat 28 : 20

Tuhan bersabda,’’pergilah ke seluruh dunia, Dan maklumkanlah injil. Aku besertamu setiap hari !’’

DOA PENUTUP

Marilah berdoa : Allah Bapa maha pengasih dan maha penyayang, hati santo fransiskus xaverius kau kobarkan dengan keinginan untuk menyalamat sesama. Semoga cinta kasih-Mu itu kau nyalahkan juga dalam hati kami berkat perjamuan suci ini. bantulah kami mengikuti panggilan-Mu, sehingga layak menerima ganjaran yang kau janjikan kepada para hamba-Mu Demi kristus, . . .

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...