RENA Minggu, 28 November 2021 – Hari Minggu Adven I / C

Posted on

Fr. Agustinus Singgih Adjie dari Komunitas SCJ Postulat-Novisiat St Yohanes Gisting Lampung Indonesia

 

 

AUDIO RESI:

Halo adik-adik di rumah…. sebelumnya salam dulu ya? Vivat Cor Iesu, Per Cor Mriae!. kembali lagi bersama Frater di Renungan Anak Dehonian, ye…… Apa kabar semuanya? Semoga sehat-sehat ya? Hmmmm.. apa ada yang kurang enak badan? Semoga cepet sembuh ya… Amin. Pasti adik-adik di rumah kalau sakit itu merasa bosan dan bertanya-tanya kapan sembuhnya? Kalau udah sembuh kan adik-adik bisa main, bisa belajar, bisa sekolah ada yang online ada juga yang PTM. EITS… tapi untuk akhir-akhir ini kita masih harus tetap jaga jarak dan setia pada protokol kesehatan ya! Nah sebelumnya kita dengarkan dulu ya bacaan Kitab Suci hari ini dari Injil Lukas 21: 25-28, 34-36.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 21:25-28.34-36

“Penyelamatanmu sudah dekat.”

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Akan tampak tanda-tanda pada matahari, pada bulan dan bintang-bintang, dan pada bumi. Bangsa-bangsa di bumi. Bangsa-bangsa di bumi akan ketakutan dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena cemas berhubung dengan segala sesuatu yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan bergoncangan. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu di mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu sebab penyelamatanmu sudah dekat. Oleh karena itu, jagalah dirimu, jangan sampai hatimu sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi, dan jangan sampai hari Tuhan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjagalah-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

 

Yesus adalam pembawa keselamatan, pembawa kedamaian, karea Ia adalah sang Emmanuel (Allah beserta kita). Ia datang setiap saat, kapan saja, disaat yang tak terduga. Hari ini, gereja memulai tahun liturgi baru dengan masa Adven. Kita memiliki empat hari minggu dalam masa Adven dan hari ini adalah hari minggu pertama dalam masa Adven. Masa Adven ini disebut juga dengan masa penantian. Masa di mana untuk persiapan kedatangan (lahirnya) Tuhan kita Yesus Kristus, yang biasa kita rayakan yaitu Hari Raya Natal.

Nah, adik-adik di rumah, dalam Injil tadi diceritakan bahwa ada tanda-tanda atau kode dari Tuhan kalau Yesus akan datang ke Dunia ini. Biasanya kita kalau di rumah pasti juga mempersiapkan untuk natalan kan? Seperti bersih-bersih rumah, membuat kue, beli baju baru dan masih banyak lagi yang bisa kita persiapkan.

Apa sih yang harus kita lakukan saat masa Adven ini? Dalam situasi menunggu, kita diajak untuk melakukan perbuatan kasih atau berbuat baik. Berbuat baik kepada Tuhan dengan cara rajin berdoa, mengucapkan syukur dan berterimakasih dan dengan berbuat baik kepada orang lain, teman-teman, kakak-adik, kakek-nenek, ayah-ibu, tante-oom dan semua orang di sekitar kita. Perbuatan kita yang sederhan dan bisa kita lakukan adalah bersikap sabar, murah hati, saling memaafkan, tidak marah-marahan atau bermusuhan dengan orang lain, dan tidak senang kalau adik-adik melihat orang lain itu susah, seharusnya kita membantu orang yang kesusahan itu.

Nah adik-adik, Frater ingin mengajak adik-adik semua yang ada di rumah untuk mengisi masa Adven ini dengan tekun atau rajin berdoa, membaca Kitab Suci, merenungkan dan menghayati Sabda Tuhan dalam hidup harian adik-adik. Dan yang terakhir, adik-adik dan kita semua diajak untuk terus berbuat baik, berbuat baik dan berbuat baik samapai kita selalu siap menyambut kedatangan Tuhan. Nah, untuk adik-adik dan keluarga yang ada di rumah, Frater mengucapan selamat memasuki masa Adven untuk menyambut kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus, semoga Tuhan memberkati kita semua…. Amin. Byeeee….

DOWNLOAD AUDIO RESI: